Daerah  

166 Anak Motor di Pulau Sumbawa Semangat untuk Donor Darah

Petugas PMI mengambil darah anak-anak motor yang sukarela menjadi pendonor untuk kemanusiaan. (ist)
Petugas PMI mengambil darah anak-anak motor yang sukarela menjadi pendonor untuk kemanusiaan. (ist)

Sumbawa Besar/zaman (5/11/2021) – Berbagai anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Sumbawa Besar serta Karang Taruna ramai-ramai mendaftarkan diri untuk ikut donor dalam rangka bulan sumpah pemuda.

Kegiatan tersebut digelar oleh kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) yang mengambil tema bakti pemuda setetes darah untuk negeri 2021.

Dari data jumlah komunitas di Sumbawa Besar, total ada 234 anggota komunitas yang mendaftar. Mereka dari berbagai komunitas motor seperti YNCI & Paksa Hobby, Sumbawa Motor Club, V_R Bima & HSFCI Bima, KHD + RIM, RKKC + SKRC. Kemudian ikut mendaftar juga anak-anak muda dari Karang Taruna Super Community Bonto.

Hanya saja karena ada berbagai persyaratan untuk jadi pendonor, dari jumlah itu hanya 166 yang bisa mendaftar jadi pendonor. Kemudian setelah dicek lagi ada 89 yang bisa diambil darahnya.

Hal itu terkait dengan syarat sudah mendapatkan minimal vaksin tahap pertama, serta jika sudah vaksin tahap pertama minimal sudah lebih dari sepekan lamanya.

“PMI tahun ini mendatangi basecamp serta markas-markas anak motor serta komunitas karang taruna. PMI jemput bola karena jarak tempat tinggal komunitas jauh-jauh, jadi kalau harus terpusat di kota kasihan secara fisik, belum lagi musim pandemi seperti sekarang ini,” jelas koordinator acara donor darah di Sumbawa Besar Febian Rahmandia, Senin (1/11).

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PMI, serta memberikan apresiasi besar kepada anggota komunitas dari Dompu, Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat yang telah secara sukarela menyumbangkan darahnya demi kemanusiaan.

Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 ini, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 80 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan Bakti Pemuda, #Setetes Darah Untuk Negeri 2021.

Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama diantara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah #Setetes Darah Untuk Negeri 2021 juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (Aw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.