Kementerian ESDM Periksa Kesiapan Instalasi PLN untuk MotoGP Mandalika

Lombok Tengah/zaman (3/2/2022) – Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman Hutajulu, melakukan kunjungan kerja ke sirkuit Mandalika, Kamis (3/2).

Kunjungan itu untuk memastikan kesiapan PLN menjelang laga pramusim MotoGP yang akan digelar pada 12-13 Februari 2022.

Dari kunjungan kerja yang dilakukan, Jisman menyaksikan langsung keberhasilan uji coba / simulasi skenario Zero Down Time (ZDT) yang telah disiapkan PLN, Tak hanya itu, Jisman juga mengunjungi race control, paddock dan beberapa lokasi di area sirkuit.

“Salah satu hal yang menentukan kesuksesan suatu event, baik nasional maupun internasional dapat berjalan baik adalah listrik. Untuk itu, kami harus memastikan kesiapan instalasi listrik MotoGP sudah siap,” jelasnya.

Jisman menjelaskan bahwa konsep ZDT ini pada intinya adalah bagaimana membuat skenario cadangan power suplai berlapis, sehingga pasokan listrik tidak akan mengalami gangguan, meski sesaat.

Sebanyak tiga lapis cadangan daya telah disiapkan oleh PLN. Suplai utama adalah berasal dari sistem kelistrikan Lombok, yang akan diback-up dengan Uniterruptible Power Supply dan juga gen set. Skenario ini untuk memastikan suplai listrik tidak terputus.

Dalam kunjungan tersebut, ia juga memberikan saran saran kepada PLN agar apa yg telah dicapai hari ini masih bisa ditingkatkan lagi. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari pemerintah melalui Kementerian ESDM.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan ITDC. Keseluruhan titik instalasi harus dipastikan berfungsi baik. Semua tentunya agar MotoGP dapat berjalan dengan baik,” kata Jisman.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh pemerintah.

“PLN telah melakukan upaya yang maksimal untuk memberikan layanan yang terbaik untuk gelaran MotoGP, selanjutnya kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar pada saat hari H semua dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” ucap Sudjarwo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.