Rangkaian Kegiatan Pengamanan Sat Samapta Polres Lobar, Lakukan Pendekatan Preventif

Patroli Idhul Fitri Sat Samapta Polres Lobar

Lombok Barat, NTB – Dalam kegiatan Pengamanan Hari Raya Idhul Fitri, Satuan Samapta Polres Lombok Barat melaksanakan berbagai kegiatan, Senin (2/5/2022).

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, AKP Bambang Indrat mengatakan setelah melaksanakan pengamanan kegiatan Ibadah, jajarannya memfokuskan pemantauan wilayah.

“Pemantauan perkembangan situasi di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, dalam rangka memastikan situasi kamtibmas tetap kondusif,” ungkapnya.

Mengawali kegiatan malam hari, anggota Sat Samapta melaksanakan kegiatan patroli bluelight dengan rute Pos Pam Batulayar, Pos Pam GMS Gerung, dan Pos Yan Lembar.

“Guna memantau perkembangan situasi dan mengantisipasi aksi 3C, balap liar, aksi kriminalitas lainnya. Di Seputaran Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Ops Ketupat Rinjani 2022 Polres Lobar,” kattanya.

Selanjutnya memberikan bingkisan Ke Pos Pam Batulayar, Pos Pam GMS, Pos Yan Lembar, kepada personel Gabungan yang bertugas.

Kemudian melakukan patroli rutin di perumahan Granada residence dan Dasan baru asri kediri guna Memantau Perkembangan Situasi Kamtibmas.

“Untuk memberikan rasa aman dan Nyaman kepada Warga Masyarakat, dengan kehadiran Unit Patroli di tengah – tengah Masyarakat,” imbuhnya.

Lalu menuju perumahan geriya samara Kecamatan Labuapi kemudian di permukiman rumah tambang eleh berdialogis dengan warga dan penjaga setmpat.

“Dalam mengantisipasi pencurian ternak, juga menyambangi kandang kumpul Desa Jembatan Kembar, Kec. Lembar.  Memantau perkembangan situasi, serta mencegah terjadinya aksi pencurian ternak,” jelasnya.

Kemduian menyambangi Pelabuhan Lembar, selain mengantisipasi aksi kejahatan, juga melakukan himbauan terkait penerapan prokes di Lokasi ini.

Saat lewat tengah malam, patrol mengambil rute Perumahan Bale Pelangi Desa Sandik – Dusun Aik Are Desa Sandik – Dusun Senteluk Lauk Desa Senteluk – Dusun Aik Are Desa Sandik Kec. Batulayar.

“Menyampaikan kepada warga agar selalu waspada dengan kejahatan yang kerap terjadi saat ini seperti 3C, percurian dan sebagainya,” katanya.

Dalam kegiatan patrol lainnya, Sat Samapta Polres Lombok Barat juga mengerahkan Tim puma 8, menyisir di beberapa lokasi di Wilkum Polres Lobar.

“Menyambangi Desa Rumak, Kecamatan Kediri, disini menemukan beberapa remaja yang masih nongkrong di pinggir jalan. Sehingga kita himbau agar lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan pada saat jam-jam rawan tindak kejahatan,” bebernya.

Sempat melakukan penggeledahan badan, melanjutkannya memeriksa kendaraan. Namun tidak menemukan barang-barang yang membahayakan seperti sajam maupun narkoba.

“Selanjutnya menghimbau kepada kumpulan remaja tersebut, untuk meninggalkan tempat. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dan menyarankan agar pulang kerumah masing-masing,” ujarnya

Kemudian menyisir di seputaran Desa Tongkek Kecamatan Kuripan, atau tepatnya perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dan Lombok tengah.

“Disini juga menemukan sejumlah remaja yang masih nongkrong di pinggir jalan, sehingga kemudian melakukan penggeledahan badan dan memeriksa kendaraan. Walaupun situasi masih landai, tetap kita himbau untuk meninggalkan tempat atau pulang kerumah masing-masing,” pungkasnya.

Kemudian menyambangi Desa Dasan tapen, Kecamatan Gerung untuk mencegah adanya balap liar, agar tetap tercipta situasi kamtibmas yang kondusif.

“Dalam rangkaian kegiatan patrol ini, secara umum masih terkendali. Hanya melakukan beberapa Tindakan pencegahan terhadap kumpulan remaja. Yang Masih nongkrong hingga larut malam,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.