Pengungsi Rohinggya Sebanyak Lima Orang di Pekanbaru Gagal Melarikan Diri

Pengungsi Rohinggya Sebanyak Lima Orang di Pekanbaru Gagal Melarikan Diri

Pekanbaru, Riau – Pengungsi Rohingya di Pekanbaru yang tinggal di tempat penampungan Jalan Cipta Sari kembali mencoba melarikan diri. Namun kali ini, lima orang pengungsi yang mencoba melarikan diri pada Jumat (3/6/2022) menemui kegagalan.

Pasalnya petugas yang sedang berjaga di tempat penampungan berhasil menangkap dan mengamankannya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru, Zulfahmi Adrian menjelaskan secara rinci peristiwa ini. Untuk lima orang pengungsi Rohingya yang mencoba kabur, semuanya berjenis kelamin laki-laki.

“Malam ini ada yang coba melarikan diri dari akomodasi, namun petugas di sana berhasil menangkapnya. Sebelum mereka ini melarikan diri,” kata Zulfahmi, Sabtu (4/6/2022).

Setelah berhasil menangkapnya, Zulfahmi melakukan interogasi terhadap lima orang pengungsi tersebut.

“Katanya, tujuan pengungsi Rohingya ini melarikan diri karena hendak menuju Malaysia. Karena banyaknya keluarga mereka yang tinggal di negara tetangga tersebut,” pungkasnya.

Selain itu, Zulfahmi juga menduga, ada peran sindikat perdagangan orang terhadap kaburnya 34 orang pengungsi Rohingya sebelumnya.

“Sebelumnya ada 34 orang pengungsi Rohingya yang sudah berhasil melarikan diri ke Malaysia, dugaan ada peran dari sindikat perdagangan orang. ” terangnya.

Menurut perkiraannya, ada yang memfasilitasi perjalanan mereka itu, hingga berhasil melarikan diri ke Malaysia.

“Dari informasi yang kita dapatkan, kita gali dari pengungsi Rohingya itu, mereka harus menyiapkan uang. Dari 4.000 sampai 6.000 Ringgit untuk bisa sampai ke Malaysia,” pungkasnya.

Zulfahmi berharap, semua pihak terkait dapat membongkar sindikat perdagangan orang tersebut. Ia juga mengingatkan kepada warga Pekanbaru agar jangan sampai ikut serta memfasilitasi pelarian pengungsi Rohingya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.