BeritaBreaking NewsNewsOlahragaOtomotif

Dua Minggu Jelang MXGP Indonesia Samota Sumbawa, PLN Pastikan Listrik Siap

62
×

Dua Minggu Jelang MXGP Indonesia Samota Sumbawa, PLN Pastikan Listrik Siap

Sebarkan artikel ini

Lombokprime.com – Dua minggu lagi, gelaran motocross bertaraf internasional MXGP of Indonesia Samota Sumbawa akan berlangsung di Samota. Kesiapan PLN untuk melistriki gelaran akbar tersebut telah mencapai 83,3%, baik dari sisi jaringan maupun back up pembangkit. Beberapa pekerjaan sedang dilakukan secara bertahap untuk menuntaskan kesiapan PLN, yakni kesiapan back up suplai dan juga jaringan di dalam venue.

Dalam kunjungannya ke Samota, Sudjarwo, General Manager PLN NTB menyampaikan untuk memenuhi kebutuhan listrik MXGP ini, PLN membangun 2 jalur distribusi Jaringan Tegangan Menengah (JTM) masing masing sepanjang 0,5 km, 1 km Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan beberapa peralatan untuk melayani pelanggan dari tegangan 20 KV. Kebutuhan ini sesuai dengan hasil survey awal yang telah dilaksanakan oleh PLN di bulan Januari lalu, di mana penyelenggaraan event ini akan memerlukan daya sebesar 1,38 MVA.

“Kondisi saat ini, jaringan telah selesai terbangun. Komitmen PLN untuk siap melistriki seluruh event, baik nasional maupun internasional yang akan digelar di NTB. Kami akan siapkan infrastrukturnya, baik di sisi pembangkitan, transmisi maupun distribusi”, ujar Djarwo.

Djarwo juga menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat rencana pekerjaan dengan mempertimbangkan segala aspek dan resiko, agar listrik ke Samota dapat disuplai sesuai dengan waktu dan daya yang dibutuhkan oleh pihak penyelenggara. Total estimasi untuk menyelesaikan keseluruhan pekerjaan akan memerlukan waktu kurang lebih 2-3 minggu.

“Kami pastikan semuanya berjalan sesuai jadwal. Sampai saat ini, realisasi pekerjaan di lapangan masih sesuai dengan timeline yang kami buat. Dalam waktu dua minggu ke depan, infrastruktur kelistrikan diharapkan bisa selesai”, harap Djarwo.

Untuk keandalan suplai kelistrikan yang andal selama gelaran berlangsung, PLN menyiapkan enam unit Uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas total 760 kVA, delapan Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas total 1700 kVA dan lima buah genset kapasitas 1600 kVA yang didatangkan dari Taliwang dan Mataram. Sebagian besar dari peralatan ini telah berada di lokasi, dan beberapa peralatan yang lain sedang disiapkan secara bertahap.

Di sisi jaringan, PLN juga telah melakukan pemeliharaan peralatan di Gardu Induk (GI) Sumbawa dan GI Labuhan serta rehabilitasi jaringan yang akan menyuplai listrik gelaran MXGP secara intensif. Untuk kebutuhan personil, PLN telah menyiapkan 327 personil yang saat ini telah siap di Sumbawa yang akan siaga di 10 lokasi tersebar.

“Titik titik yang memerlukan listrik tersebar di lokasi yang sangat luas. Kita akan kerahkan semua sumber daya untuk menyukseskan acara ini. Apabila diperlukan, personil tambahan akan didatangkan dari luar”, tegas Djarwo.

Djarwo juga menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama dari stakeholder untuk mensukseskan MXGP. Mulai dari proses perencanaan, pembangunan hingga pelaksanaan acara tentunya tak luput dari peran serta stakeholder dan juga masyarakat, khususnya di NTB.

“PLN tentunya akan sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak. Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat dan juga stakeholder agar event internasional ini dapat berjalan sukses“, harap Djarwo.

Sebelumnya, untuk mendukung event MXGP ini, PLN juga telah menandatangani MoU dengan PT Samota Enduro Gemilang, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan event terkait layanan kelistrikan yang diperlukan untuk gelaran MXGP Indonesia Samota Sumbawa 2022 di akhir bulan Juni 2022.