BeritaBreaking NewsBudayaDaerahNewsSosial Budaya

Pesona Budaya Minang, Bintara Remaja Polda Sumbar Peragakan Kolosal Randai

81
×

Pesona Budaya Minang, Bintara Remaja Polda Sumbar Peragakan Kolosal Randai

Sebarkan artikel ini

Padang, Sumatra Barat – Bintara Remaja Polda Sumbar unjuk peragaan dalam menunjukkan Pesona Budaya Minang. Bintara Remaja Polri gelombang I TA 2022 Polda Sumbar peragakan Kolosal Randai.

Sebanyak 316 siswa Diktukba Polri gelombang I TA 2022 yang melaksanakan pendidikan di SPN Polda Sumbar. Hari ini secara resmi mereka menjadi polisi aktif setelah di lantik dan menyandang pangkat Brigadir Dua (Bripda).

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa P, SH. S.Ik. MH, memimpin pelantikan ini di SPN Polda Sumbar, Kamis (7/7/2022).

Usai pelantikan, ada hal unik yang indah yang terlihat. Di mana ratusan Bintara Remaja ini ada yang pakai baju dinas lapangan. Dan ada pula yang terlihat menggunakan baju tokoh adat minang dengan ‘deta’ di kepalanya.

Mereka semua terlihat melakukan peragaan perpaduan antara permainan gandang tasa, dan randai. Sembari mengayunkan bendera ‘marawa’ yang merupakan ciri khas lambang identitas minangkabau.

Peragaan kolosal randai ini merupakan salah satu pesona budaya masyarakat Minangkabau yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Pada peragaan tersebut, terlihat mereka memainkan perannya terkait Restorasi Justice. Di mana dalam penyelesaian suatu permasalahan bisa dari tingkat bawah, dengan melibatkan Polri dan tokoh Adat.

Hal ini sesuai dengan gagasan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa melalui MOU antara Polda Sumbar dengan LKAAM Provinsi Sumbar.

Usai peragaan tersebut, nyanyian yel-yel penyemangat mewarnainya dari para bintara remaja Polri ini.