Kembangkan Konsep Ekonomi Kreatif, PLN Bantu Peternak Bebek Petelur di Lombok Timur

Lombok Timur/zaman – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Lombok membantu peternak bebek petelur di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, sebagai upaya mengembangkan konsep ekonomi kreatif di tengah masyarakat melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Manager PLN UPK Lombok, Nyoman Satriyadi Rai, di Kabupaten Lombok Timur, Jumat, mengatakan pihaknya memberikan bantuan sebanyak 1.000 ekoe bibit unggulan bebek petelur dan pembangunan kandang bebek beserta instalasinya.

“Termasuk bantuan pakan bebek untuk empat lokasi kelompok masyarakat peternak bebek petelur,” katanya dalam penyerahan bantuan di Desa Paokmotong.

Selain bantuan dalam bentuk fisik, kata dia, pihaknya juga memberikan pembinaan dan pendampingan cara beternak bebek petelur serta pelatihan pembuatan pakan ternak.

Hal itu dilakukan agar peternak bebek petelur mampu memproduksi pakan ternak mereka secara mandiri.

Nyoman menyebutkan jumlah peternak bebek petelur yang menjadi sasaran penerima bantuan sebanyak 30 orang yang tergabung dalam kelompok di Desa Paokmotong.

“Ke depan, kami berharap akan lebih banyak lagi program pemberdayaan masyarakat yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. PLN siap bersinergi dan berkontribusi untuk membantu mewujudkan hal tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Sulaiman, selaku pendamping pelaksanaan program tamggung jawab sosial lingkungan dari Yayasan Cerakenta Duta Sentosa menjelaskan bahwa melalui program tersebut pihaknya ingin berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan cara pemberdayaan masyarakat.

Ia juga berharap dengan bantuan dari PLN tersebut, dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesempatan kepada seluruh warga melalui pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat.

“Kami juga akan terus melakukan penjaringan dan pendampingan terhadap masyarakat sekitar yang berminat beternak bebek petelur,” ucapnya.

Kepala Desa Paokmotong Suherman mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan PLN kepada warganya yang mencari penghidupan dari usaha peternakan bebek. (dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.