Wagub NTB Berharap Kiprah IWAPI Bisa Membuat UMKM Naik Kelas

Mataram, NTB/zaman – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Hj Sitti Rohmi Djalillah, berharap keberadaan kiprah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian daerah dengan membuat pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) NTB naik kelas.

Menurut perempuan yang akrab disapa
Ummi Rohmi itu, dari setiap 10 kabupaten/kota di NTB, mempunyai ciri khasnya masing-masing.

“Mutiara, kerajinan tangan, tenun dengan berbagai kelebihannya, tinggal bagaimana pekerjaan rumah (PR) kita merebut pasar UMKM tidak hanya di NTB, maupun Indonesia tapi di dunia. Ini yang harus dipikirkan agar UMKM kita bisa naik kelas,” katanya dalam acara IWAPI Trade Fair (ITF) ke-3 di atrium Lombok Epicentrum Mall, Sabtu (3/9).

Tak kalah pentingnya, Ummi Rohmi menyampaikan bahwa hampir tiga tahun dilanda bencana, dari gempa hingga pandemi Covid-19, NTB merupakan salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.

“Itu tidak akan terjadi apabila tidak ada seluruh pihak yang berkontribusi di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia ITF ke-3, Sri Suherni, mengatakan kegiatan yang berlangsung dua hari itu, merupakan agenda tahunan yang sudah berjalan sejak 2020.

Dalam ITF 3 menyediakan 68 stand dengan sebagian besar di antaranya merupakan peserta UMKM.

Ketua DPP IWAPI, Ir. Nita Yudi, MBA, mengatakan selama 47 tahun berdirinya IWAPI ini telah konsisten menjalankan program, memberdayakan perempuan dalam ekonomi, hingga dipercayakan pemerintah turut berperan dalam AWEP (Association of Women Entrepreneurs & Professionals) se-ASEAN.

“Bagaimana IWAPI dapat menggiring perempuan-perempuan untuk bisa menduduki pimpinan pengusaha-pengusaha maupun di pemerintahan,” ucap Nita. (dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.