Gandeng Pecinta Alam, PLN Lakukan Penanaman Pohon di Santong KLU

Lombok Utara, NTB/zaman – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Lombok berkolaborasi dengan Gabungan Pecinta Alam (GPA) Santong melakukan kegiatan penghijauan di desa Santong, Kabupaten Lombok Utara (KLU), NTB.

Aksi menjaga kelestarian lingkungan di area PLTMH Santong adalah bentuk kepedulian dan kepatuhan PLN UPK Lombok dalam menjalankan proses bisnisnya. Kegiatan ini merupakan kelanjutan program bidang lingkungan PLN UPK Lombok yang bertema “Plant trees, spread oxygen, add energy to the earth”.

Pada kesempatan penanaman pohon kali ini, Ketua Umum GPA Santong, Juniansah Asmadi mengatakan kegiatan penghijauan sekitar kawasan PLTMH Santong sangat bermanfaat guna menjaga kelestarian alam di sekitar kawasan PLTMH SANTONG secara khusus dan kawasan sungai bendung Santong secara umum.

“Kegiatan penghijauan ini bisa menjadi contoh yang baik, apalagi dilakukan secara konsisten agar kawasan resapan air di atas bendungan dapat terjaga debit airnya sehingga mampu menahan degradasi lahan yang berdampak pada ancaman kerusakan alam,” jelas Juni.

Juni pun berharap penanaman pohon kali ini akan dapat meningkatkan kepedulian lingkungan yang nantinya berdampak terhadap kelestarian alam di sekitar tempat tinggal masyarakat di kawasan PLTMH Santong.

Sementara itu, Manager PLN ULPLTMH/S Santong, Endang Faisol menyampaikan bahwa program ini merupakan aksi yang dilakukan oleh PLN sebagai bentuk komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Terlebih, saat ini kondisi hutan cukup memprihatinkan dan banyak sekali pohon yang berfungsi sebagai resapan air dan pengikat tanah kini ditebang dan digantikan dengan tumbuhan berumur pendek.

Endang juga menambahkan, dengan dilakukannya kolaborasi ini diharapkan dapat menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat di sekitar instalasi pembangkit milik PLN.

“Hari ini kami menanam 20 batang pohon bambu dan 10 batang pohon kelengkeng. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Tentunya, kami akan terus berharap dukungan dari seluruh masyarakat untuk turut menjaga instalasi PLN”, tambah Endang.

Pihaknya berharap, program rutin yang bersifat kolaborasi ini dapat terus dilakukan guna bersama-sama menjaga pelestarian alam terutama di kawasan sekitar PLTMH Santong.

Selain itu, pohon yang ditanam tersebut dapat tumbuh dengan baik dan ke depannya menghasilkan buah yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar kelak. (dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.