Terus Dampingi Petugas Keswan Laksanakan Vaksinasi PMK, Babinsa Koramil 03/Bayan Tunjukkan Pengabidan Pada Masyarakat

Lombok Utara, NTB – Demi mewujudkan wilayah bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) jajaran Babinsa Kodim 1606/Mataram, melalui Babinsa Koramil 03/Bayan terus mendampingi petugas vaksiansi hewan ternak sapi yang ada di wilayah binaan.

Seperti yang di lakukan Babinsa Desa Mumbul Sari Pelda Wahyu bersama Bhabinkamtibmas, petugas Kesehatan Hewan (Keswan) Kecamatan Bayan melaksanakan vaksinasi dan sosialisasi PMK di Desa Mumbul Sari, Kecataman Bayan, Lombok Utara, Sabtu (17/9/2022).

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai salah satu upaya dalam mencegah PMK serta meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa PMK tidak menular pada manusia,” ungkap Pelda Wahyu.

Sementara itu, Plh. Danramil 1606-03/Bayan Lettu Inf Zainudin mengatakan, “vaksinasi hewan terank yang sekaligus di rangkai dengan edukasi secara langsung di lapangan merupakan salah satu solusi efektif guna menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi hewan ternak ini, terlebih untuk memasuki bebrapa pasar hewan harus telah di vaksinasi,” jelasnya.

“kegiatan tersebut wujud nyata aksi pengabdian TNI khunsunya Kodim 1606/Mataram, yang di lakukan melalui peran aktif Babinsa di lapangan dengan bersinergi bersama semua elemen masyarakat,” tegasnya.

Ia juga menghimbau, “tak henti hentinya kami himbau kepada masyarakat yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila di temui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,” pungkasnya.

Plh. Danramil 1606-03/Bayan Lettu Inf Zainudin menambahkan, “bahwa TNI-Polri selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan,’’ pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.