Wujudkan Ketahan Pangan, Babinsa Langko dan Bhabinkamtibmas Sambangi Petani Pisang Cavendish

 Lombok Barat, NTB – Melaksanakan monitoring merupakan salah satu tugas yang di lakukan oleh setiap Bintara Pembina Desa (Babinsa) setiap harinya, seperti yang di lakukan oleh Babinsa Desa Langko dengan melaksanakan pemantauan Ketahanan Pangan Sektor Pertanian mengujungi salah seorang petani Pisang Jenis Cavendish di Dusun Sangiang, Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan Teritorial Bainsa di Wilayah Koramil 1606-08/Narmada tersebut merupakan salah satu kegiatan yang rutin di laksanakan, guna memberikan informasi baik kepada masyarakat dan atasan dalam memastikan ketahan pangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat binaan.

“pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih. Pisang Cavendish banyak di kembang biakan menggunakan metode kultur jaringan,” ungkap Bapak Misbah.

Bapak Misbah juga menambahkan, “saat proses taman hingga panen membutuhkan waktu ±1 Tahun, dan di lahan ini terdapat 600 Pohon pisang, yang dapat di panen setiap bulan nya, di mana hasil panen kami jual ke super market di wilayah mataram dan jauh sebelum panen sudah di pesan terlebih dahulu,” terangnya.

Babinsa Desa Langko Sertu Muhammad Faesal menyampaikan, “hari ini Bertempat di Sawah Milik Bapak Misbah Dusun Sangiang, Desa Langko yang merupakan petani buah pisang Jenis Cavendish dengan luas tanah 60 are bersama Bhabinkamtibmas menyambangi beliau untuk bertukar informasi,” jelasnya.

“ini membuktikan bahwa potensi daerah di Wilayah Lingsar khususnya Desa Langko ini sangat di dominasi oleh pertanian, dan perkebunan. Kita ketahui pisang jenis ini nilai jualnya sangat tinggi, semoga ini bisa menjadikan penguatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.