BeritaBisnisNews

PLN Bentuk Tim PDKB Pulau Sumbawa

68
×

PLN Bentuk Tim PDKB Pulau Sumbawa

Sebarkan artikel ini

Lombokprime.com– Tuntutan pelanggan terhadap kualitas dan kontinuitas suplai listrik di era saat ini merupakan suatu hal yang mutlak. Sebagai salah satu untuk memenuhi tuntutan tersebut, PLN NTB membentuk tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Menengah Berjarak untuk wilayah kerja Pulau Sumbawa. Keberadaan PDKB ini diperkirakan akan dapat menghemat anggaran hingga Rp 374 juta/tahun.

General Manager PLN NTB, Sudjarwo mengatakan bahwa tim PDKB merupakan wujud nyata upaya PLN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Tim elit ini dilatih untuk melakukan pemeliharaan, perbaikan atau penggantian komponen pada jaringan listrik tanpa mengakibatkan padam di pelanggan.

“Masyarakat saat ini tidak hanya mengharapkan listriknya menyala, tapi menyala dengan kualitas andal dan tidak ada padam. Dan Tim PDKB akan menjawab tantangan itu”, tegas Djarwo.

Tim yang berkeahlian khusus yang beranggotakan delapan orang ini juga telah menempuh pendidikan khusus selama dua bulan, melewati serangkaian tes yang disyaratkan, baik dari sisi keilmuan maupun ketahanan fisik dan mental untuk menjadi bagian dari Tim PDKB.

Meski pekerjaannya sangat berisiko tinggi, Tim PDKB dituntut untuk wajib taat terhadap prosedur kerja yang telah ditetapkan, tanpa terkecuali. Hal ini mengingat resiko pekerjaan yang sangat tinggi dikarenakan seluruh pekerjaan dilakukan dalam kondisi listrik bertegangan.

“Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia. Kami ikhtiarkan Zero Accident dan kerja semangat dalam setiap pekerjaan”, tegas Djarwo.

Hingga saat ini, PLN NTB memiliki total 23 personil Tim PDKB TM 20 kV. Tim PDKB Sumbawa ini merupakan tim ketiga yang dimiliki oleh PLN NTB. Dua tim sebelumnya, yakni Tim PDKB Berjarak dan Tim PDKB Sentuh Langsung telah dibentuk untun wilayah Pulau Lombok.

“Semoga pelayanan PLN khususnya di Pulau Sumbawa akan menjadi lebih baik. Keluhan pelanggan, keandalan sistem akan bisa terjawab. Tentunya PLN akan terus berupaya menyesuaikan dengan dinamika kebutuhan pelanggan dan mekanisme implementasi dari Tim PDKB ini tentunya akan menjadi terus berkembang kedepannya”, tutup Djarwo.