BeritaBisnisNews

SEKARANG SUDAH BISA NGE-CHARGE MOTOR LISTRIK CUKUP Dengan 500 RUPIAH

75
×

SEKARANG SUDAH BISA NGE-CHARGE MOTOR LISTRIK CUKUP Dengan 500 RUPIAH

Sebarkan artikel ini

WhatsApp-2022-10-27-pukul-21.37.57-250x190.jpg" alt="" width="250" height="190" />Lombokprime.com – Menjawab tantangan dan keresahan para pengguna listrik/">kendaraan listrik, khususnya di Lombok, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram terus berkembang dan tidak berhenti berinovasi. Salah satunya dengan penyediaan infrastruktur pendukungnya, seperti peralatan pengisi daya yang harus diperbanyak dan semakin dipermudah. Cak Kolis, Charger Kendaraan dengan Koin Listrik merupakan satu di antaranya.

Manager PLN UP3 Mataram, Wiedhyarno Arief mengatakan Cak Kolis ini merupakan jawaban atas kekhawatiran masyarakat dalam hal pengisian daya untuk motor listrik, yang selama ini dirasa jumlahnya masih kurang.

Pengisian daya hasil karya besutan tim inovator PLN UP3 Mataram yang berkolaborasi dengan UKM lokal ini dinilai sangat mudah dan praktis.

Baca Juga :  Melalui TJSL, Jasa Raharja NTB Memberikan Dukungan dalam Acara The 5th Geotourism Festival & International Converence

Mekanisme kerjanya adalah dengan cara memasukkan uang koin, dan masyarakat bisa langsung men-charge kendaraan listriknya.

“Cukup dengan koin Rp 500,-, maka konsumen bisa mengisi daya selama 15 menit dan Rp 1.000,- untuk 30 menit. Sangat terjangkau bagi semua kalangan pastinya,” ujar Wiedhy.

Wiedhy juga menjelaskan proses pengisian dayanya juga sangat mudah. Setelah memasukkan koin, masyarakat tinggal memasang kepala steker pada stop kontak yang sudah disiapkan, dan proses pengisan daya akan langsung berjalan. Kuota waktu charging akan tampil dalam sebuah layar LCD, setelah koin dimasukkan. Apabila ingin melanjutkan pengisian daya, maka pengguna dapat melakukan pengisian koin 10 detik sebelum waktu pengisian awal habis.

Baca Juga :  Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Jaga Pintu Masuk dan Keluar, Cegah Premanisme dan Pungli di Pelabuhan Lembar

Daya yang disediakan untuk setiap titik pada Cak Kolis sendiri adalah 450 VA. Selama kapasitas charger tidak lebih dari daya tersebut, peralatan elektronik apapun bisa menggunakan Cak Kolis ini.

“Cak Kolis ini juga tidak hanya bisa mengisi daya motor listrik. Perangkat elektronik seperti HP, blender juga bisa diisi dayanya. Jadi pedagang kaki lima pun juga akan bisa merasakan kemudahannya,” ujar Wiedhy.

Sementara itu, Andrean Surya, owner Maximolis Uwinfly NTB menyatakan kebutuhan masyarakat untuk mobilitas sangat tinggi di Lombok khususnya penggunaan roda dua. Dan seiring dengan program pemerintah terkait konversi energi, antusiasme masyarakat untuk kendaraan listrik juga semakin tinggi.

“Saya sangat mendukung kehadiran Cak Kolis karena akan memudahkan para pemilik motor listrik. Pada saat sarana dan prasarana sudah siap, ekosistem sudah siap, maka yang lain akan mengikuti”, ujar Andrean.

Baca Juga :  Jasa Raharja dan Korlantas Polri Gelar Konsinyering Titik Pareto Aktivitas Santunan dan Upaya Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas

Rencananya, PLN UP3 Mataram akan memproduksi Cak Kolis lebih banyak lagi, menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Lombok. Target lokasinya adalah di beberapa area fasilitas umum, seperti Taman Sangkareang, Udayana, sehingga kemudahannya dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat.