Personel Satgas TMMD ke 115 Kodim 1606 Mataram Secara Bergantian Berikan Materi Pancasila Pada Para Pelajar

Lombok Utara, NTB – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram tidak hanya terfokus pada sasaran pembangunan fisik saja, namun juga kegiatan non fisik. Diantaranya dengan memberikan pengetahuan tentang pancasila sebagai dasar negara kepada para pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum De Koning School di Dusun Segenter, Desa Sukadane, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Sabtu (29/10/2022).

Beberapa personel Satuan Tugas (Satgas) TMMD juga secara bergantian membantu dalam memberikan pelajaran di beberapa sekolah di wilayah KLU. Salah satunya yakni Serda Husnul Faris mengajari para pelajar di MI tersebut.

Ia menjelaskan, “selain melaksanakan kegiatan fisik kami juga melaksanakan tugas non fisik, seperti sekarang ini memberikan materi pengetahuan tentang pancasila dan makna lambang masing-masing sila,” jelas Serda Husnul Faris.

Ia juga menambahkan, “Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka setiap warga negara perlu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram Kolonel Arm Arif Rahman S.Sos., M.M., selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD saat konfirmasi di sela-sela tugasnya menegaskan, “para personel Satgas TMMD telah di bekali materi pengetahuan umum dan materi lainnya, dalam hal ini pengetahuan Pancasila yang merupakan dasar NKRI telah tertanam dalam diri setiap prajurit untuk mengamalkannya kembali kepada seluruh lapisan masyarakat terlebih kepada para pelajar,” tegasnya.

“Di samping itu dalam melaksanakan tugas fisik para personel Satgas TMMD juga melaksanakan tugas non fisik. Hal ini, juga merupakan salah satu bentuk pembinaan teritorial yang selalu di lakukan pada wilayah binaan, mengingat generasi muda saat ini sangatlah rentan dengan masuknya budaya luar yang secara bebas masuk di semua lini kehidupan,” ujarnya.

Sementara itu, Hambali Salah Seorang Guru MI Miftahul Ulum De Koning School mengucapkan, “terima kasih kepada Bapak TNI khusunya para personel Satgas TMMD yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan materi pengetahuan Pancasila pada para siswa siswi kami,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.