BeritaBisnisNews

Gandeng Pemprov NTB, PLN Luncurkan Program Green Living Ecosystem And Energy

43
×

Gandeng Pemprov NTB, PLN Luncurkan Program Green Living Ecosystem And Energy

Sebarkan artikel ini

Lombokprime.com – PLN NTB meluncurkan program penghijauan bertajuk Green Living Ecosystem di Taliwang, Sumbawa Barat. Kegiatan ini memanfaatkan lahan kosong di sekitar area PLTU Sumbawa Barat dan di wilayah areal PLTU yang berpotensi untuk dilakukan pembuatan hutan energi sebagai media penghijauan penanaman pohon untuk suplai bahan baku co-firing.

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah yang hadir dalam acara peresmian yang dirangkaikan dengan penanaman pohon tersebut menyampaikan bahwa program ini bermanfaat dalam menjaga lingkungan di Sumbawa Barat. Selain itu, juga dapat menjadi wahana edukasi bagi masyarakat sekitar, utamanya terkait kegiatan penghijauan, energi baru dan terbarukan.

“Ini satu hal yang luar biasa, biasanya PLN menebang pohon, sekarang PLN menanam pohon. PLN menginisiasi adanya zero emission di sini. Energi terbarukannya pun dapat. Asri dan hijaunya juga dapat. Artinya dengan begitu, hidup kita menjadi lebih baik di masa yang akan datang.” ungkap Zul.

Sementara itu, General Manager PLN NTB, Sudjarwo mengungkapkan program Green Living Ecosystem and Energy di PLTU Sumbawa Barat yang berkapasitas 2×7 MW ini merupakan komitmen PLN untuk turut serta dalam melestarikan alam. Selain itu, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memitigasi perubahan iklim.

“Harapan kami dengan kegiatan ini, ekosistem satwa liar dan keanekaragaman lingkungan dapat dilestarikan melalui peran masyarakat setempat”, tutur Djarwo.

Adapun total bantuan yang diserahkan adalah sebesar Rp 226.778.000,- yang diperuntukkan untuk penanaman 15.000 bibit tanaman cepat tumbuh seperti pohon Gamal, Lamtoro, Turi, Waru dan Sengon di Lahan Plasma Komunitas Lingkungan Hijau Biru, Desa Labuhan Kertasari, Taliwang, Sumbawa Barat.

Pelaksanaan penanaman pohon hutan energi di lahan plasma Komunitas Lingkungan Hijau Biru Simpul Taliwang dilakukan oleh Petani dari Kelompok Tani Bonto Saile di Kabupaten Sumbawa Barat. Keberlanjutan program ini nantinya akan dikelola oleh komunitas Lingkungan Hijau Biru Simpul Taliwang.

“Kita berkomitmen mentransformasikan batu bara ke biomassa. Ini memberikan keuntungan kepada PLN, selain memberikan brand image yang sangat baik kepada PLN, memanfaatkan energi yang ramah lingkungan.” tambah Djarwo.

Program Green Living Energy and Ecosystem merupakan program yang memiliki misi menjaga lingkungan dalam mengurangi emisi/karbon terutama di sekitar unit pembangkitan PLTU PLN, melestarikan ekosistem satwa liar, merestorasi lahan gambut, lahan kurang produktif, lahan konservasi, hingga tanaman produktif yang mampu memberikan nilai-nilai ekonomi kepada masyarakat setempat.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberdayakan petani sekitar untuk berkontribusi dalam pembuatan hutan energi sehingga dapa