BeritaBisnisNews

Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik, PLN Rutin Lakukan Pemeliharaan Jaringan

68
×

Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik, PLN Rutin Lakukan Pemeliharaan Jaringan

Sebarkan artikel ini

Lombokprime.com– Untuk menjaga keandalan pasokan listrik untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram konsisten melaksanakan berbagai upaya perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik. Seperti yang dilakukan oleh Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di kota Mataram.

Manager PLN UP3 Mataram, Wiedhyarno Arief Wicaksono atau yang akrab disapa Wiedhy, menjelaskan bahwa pemeliharaan jaringan listrik ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan guna memastikan listrik dapat dinikmati oleh masyarakat dengan aman dan nyaman.

“Pemeliharaan jaringan berbasis PDKB ini berfungsi untuk meningkatkan keandalan jaringan dengan cara dilakukan pemeliharaan tanpa melakukan pemadaman kepada pelanggan. Dalam keadaan Siaga Ramadan seperti ini, kami optimalkan pemeliharaan jaringan listrik tanpa pemadaman,” ujar Wiedhy.

Wiedhy merinci beberapa upaya pemeliharaan jaringan listrik lainnya guna mengoptimalkan keandalan pasokan listrik yang meliputi kegiatan pemangkasan pohon, perbaikan tiang listrik yang miring, pemeliharaan isolator, penggantian komponen listrik dan lain-lain.

Wiedhy juga menjelaskan pelerjaan dalam bertegangan ini dilakukan dengan kondisi SDM yang sangat kompeten karena mengandung potensi resiko bahaya yang sangat tinggi.

“Ini sangat signifikan, kami amati jaringan yang akan dilakukan pemeliharaan kemudian kami lakukan observasi untuk selanjutnya ditindaklanjuti untuk pemeliharaan,” lanjut Wiedhy.

Selain faktor kinerja, Wiedhy juga menegaskan bahwa PLN sangat memperhatikan faktor keselamatan dengan memastikan kondisi peralatan yang aman dalam melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin. Wiedhy merinci ada beberapa penyebab gangguan listrik, salah satunya adalah ranting pohon atau dahan pohon terkena jaringan listrik, petir, kondisi aset tidak optimal dan layang-layang.

Namun dalam kondisi tertentu, saat melaksanakan pemeliharaan terkadang pihaknya perlu melakukan penghentian sementara aliran listrik, hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan petugas dan masyarakat sekitar di lokasi pemeliharaan.

“Namun bila listrik padam di luar lokasi yang ditentukan, ada kemungkinan terjadi gangguan yang bersifat lokal. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, silakan melakukan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile, dan petugas kami akan siap melayani. Semua kami lakukan demi menghadirkan listrik andal untuk masyarakat,” pungkas Wiedhy.