OlahragaSport

Indra Sjafri Bergabung dengan Peserta Terpilih FIFA Technical Leadership Diploma untuk Memperkuat Peran Direktur Teknik dalam Sepak Bola

84
×

Indra Sjafri Bergabung dengan Peserta Terpilih FIFA Technical Leadership Diploma untuk Memperkuat Peran Direktur Teknik dalam Sepak Bola

Sebarkan artikel ini
FIFA Technical Leadership Diploma

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri terpilih sebagai salah satu dari 25 peserta FIFA Technical Leadership Diploma yang baru dalam peluncurannya di Brasil minggu ini.

Indra bergabung dengan direktur teknik terpilih lainnya dari asosiasi anggota dan konfederasi dari seluruh dunia di Kompleks Pelatihan Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) di Rio de Janeiro. Untuk kloter pertama dari kursus selama 18 bulan.

Menjadikan Kualifikasi Pengakuan Secara Global

FIFA Technical Leadership Diploma ini bertujuan untuk menjadikan ‘kualifikasi yang diakui secara global’ untuk pemimpin Teknik. Bekerja dalam permainan dan akan mempersiapkan peserta untuk tantangan dan peluang berbeda yang oleh anggota federasi dalam asosiasi hadapi. Lima area domain inti akan mencakup:

– Technical Leadership

– High Performance

– Coach Education

– Amateur Football

– Management

“Saya merasa terhormat dan beruntung bisa mengikuti kursus yang luar biasa ini. Melalui perwakilan saya di sana, kami belajar tentang Kepemimpinan, bagaimana membuat rencana strategis berdasarkan budaya kita dan menciptakan identitas sepak bola nasional,” ungkap Indra Sjafri. Melansir di Situs Resmi PSSI.

Menurutnya, Brasil adalah contoh luar biasa dari hal ini, dalam 18 bulan ke depan harapannya dapat meningkatkan kapasitasnya sebagai direktur Teknik.

“Sekaligus mengembangkan jaringan, serta menghadirkan Indonesia di dunia internasional,” ujar imbuhnya.

Direktur Teknik dalam sebuah federasi memegang peranan yang sangat penting, sehingga untuk terus meningkatkan kualitas permainan dan pengembangan sepakbola itu sendiri.

“untuk itu kursus ini sangat penting bagi Direktur Teknik PSSI. Saya dan coach Indra Sjafri bekerja sangat dekat setiap hari untuk dapat mencapai visi misi PSSI,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi menambahkan.

“Kami dengan senang hati menyambut Indra ke Technical Leadership Diploma kami yang baru,” kata Steven Martens, Direktur Pengembangan Sepak Bola Global FIFA.

Keberhasilan Implementasi Program-program Bergantung Kepada Kepemimpinan Direktur Teknik

Kata dia, peran technical leader sangat penting untuk masa depan sepakbola dan berkeyakinan bahwa harus mendapatkan pengakuan yang lebih besar.

“Selama beberapa tahun terakhir, FIFA telah bekerja sama dengan asosiasi anggota untuk mengembangkan sejumlah program, seperti Talent Development Scheme (TDS),” imbuhnya.

Keberhasilan implementasi program-program ini bergantung pada kepemimpinan Direktur Teknik, sehingga sangat mendukung, mengembangkan, dan bekerja sama.

“Untuk membantu mereka menjadi yang terbaik dan, sebagai hasilnya, membantu mengembangkan permainan ini,” tambah Martens.

“Saat ini, tidak ada satupun penghargaan atau akreditasi yang memungkinkan seseorang menjadi direktur teknik dalam asosiasi anggota,” jelas Jamie Houchen. Kepala Kepemimpinan Teknis FIFA.

Jika Asosiasi Anggota ingin merekrut Direktur Teknik, tidak ada tolok ukur kualitas. Namun menurutnya, FIFA Technical Leadership Diploma akan menjadi kualifikasi yang diakui secara global.

“Untuk Direktur Teknik dan menghasilkan lulusan dengan kualitas terbaik untuk memimpin sepak bola di seluruh dunia.”

25 Peserta Akan Memulai Proyek Berfokus pada Knteks Unik

Setelah lokakarya enam hari di Brasil, 25 peserta akan memulai proyek pribadi mereka sendiri yang berfokus pada konteks unik mereka sendiri. Serta mengikuti program pembelajaran online.

Kelompok ini akan bertemu lagi selama enam hari di Jepang pada bulan Desember dengan dua acara tatap muka berikutnya pada tahun 2024.

Adapun 25 peserta yang tercantum di bawah menerima undangan pribadi untuk bergabung dengan program ini antara lain:

Ricardo Leao – Brazil FA

Aabed Alansari – Bahrain FA

Ross Awa – Guam FA

Indra Sjafri – Indonesia FA

Bassem Mohamad – Lebanese FA

Carles Romagosa – Thailand FA

Bhekisisa Boy Mkhonta – Estawini FA

Benjamin Kumwenda – Malawi FA

Jaqueline Shipanga – Namibia FA

Walter Steenbok – South African FA

Ali Mwebe – Uganda FA

Lyson Zulu – Zambia FF

Ivan Novella – Colombian FF

Anton Corneal – Trinidad and Tobago FA

Luis Castro – Argentina FA

Stipe Pletikosa – Croatia FF

Kay Cossington – English FA

Janno Kivisild – Estonian FA

Marians Pahars – Latvian FF

Diana Bulgaru – Moldova FA

Andrew Gould – Scottish FA

Lili Bai – Asian Football Confederation

Jayne Ludlow – Manchester City (Women)

Patricia Gonzalez – FIFA

Buman-Uchral Bold – Mongolian FF

Untuk informasi lebih lanjut tentang FIFA Technical Leadership Diploma, kunjungi FIFA Training Centre di: www.fifatrainingcentre.com