BeritaNasional

Ada Layanan Sewa Skuter dan Kursi Roda untuk Tawaf dan Sai, Segini Tarif Sewanya

124
×

Ada Layanan Sewa Skuter dan Kursi Roda untuk Tawaf dan Sai, Segini Tarif Sewanya

Sebarkan artikel ini
Tarif skuter dan kursi roda untuk tawaf dan sai. (Infografis: Amnia/MCH 2023)
Tarif skuter dan kursi roda untuk tawaf dan sai. (Infografis: Amnia/MCH 2023)

Makkah/zaman – Ada layanan sewa skuter dan kursi roda untuk tawaf dan atau Sai di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi bagi jemaah haji yang membutuhkan. Pelayanan tersebut  diutamakan bagi yang kurang mampu dari segi fisik dan tenaga.

Haji adalah ibadah fisik berupa berbagai gerakan. Saat umrah misalnya, jemaah harus Tawaf dan Sai. Pelaksanaan Tawaf, yakni mengitari Kabah sebanyak tujuh kali. Sedangkan Sai, berjalan dari Shafa ke Marwah, bolak balik hingga tujuh kali. Jarak tempuh dari Shafa ke Marwah hitungannya satu kali perjalanan. Bagi jemaah lanjut usia atau fisik tidak kuat bisa menyewa skuter dan kursi roda.

“Jemaah haji Indonesia yang membutuhkan skuter dan atau kursi roda, bisa memanfaatkan layanan sewa yang ada di Masjidil Haram,” kata Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 Hijriah, Subhan Cholid, di Makkah, seperti tersiar di laman kemenag.go.id, Kamis (1/6/2023).

Pengelolaan layanan sewa skuter sepenuhnya oleh Masjidil Haram. Pengelola telah menyediakan jalur khusus bagi jemaah yang akan Tawaf dan Sai menggunakan skuter.

Untuk penggunaan kursi roda, Subhan mengimbau jemaah menggunakan jasa sewa yang resmi. Area Sai dengan kursi roda ada di setiap lantai karena pengelola Masjidil Haram telah menyiapkan jalur khusus untuk pengguna kursi roda (jalur tengah).

“Petugas resmi ada di dalam Masjidil Haram. Mereka menggunakan seragam khusus,” jelasnya.

Lantas berapa tarif sewa untuk satu orang?

 

Berikut daftar harganya berdasarkan hasil penelusuran di Masjidil Haram pada 31 Mei 2023:

A. Tarif Kursi Roda

1. Paket Tawaf dan Sai: SR200/orang
2. Tawaf saja: SR100/orang
3. Sa’i saja: SR100/orang

B. Tarif Skuter 1 Orang

1. Paket Tawaf dan Sai: SR115/orang
2. Tawaf saja: SR57,5/orang
3. Sa’i saja: SR57,5/orang

C. Tarif Skuter 2 Orang
1. Paket Tawaf dan Sai: SR230
2. Tawaf saja: SR115
3. Sai saja: SR115

Keterangan: SR (Saudi Riyal)

“Tarif tersebut berlaku untuk di area Tawaf dan Sai saja, tidak termasuk layanan dari hotel ke terminal dan terminal ke Masjidil Haram,” ucap Subhan. (dn)