Gaya HidupTeknologi

Cara Memasang Water Heater Gas Sendiri di Rumah dengan Mudah dan Aman

71
×

Cara Memasang Water Heater Gas Sendiri di Rumah dengan Mudah dan Aman

Sebarkan artikel ini
Cara Memasang Water Heater Gas Sendiri di Rumah

Water heater gas adalah salah satu jenis pemanas air yang menggunakan gas sebagai sumber energinya. Water heater gas memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih hemat biaya, lebih praktis, dan lebih aman dibandingkan dengan water heater listrik. Namun, untuk memasang water heater gas di rumah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar proses pemasangan berjalan lancar dan tidak menimbulkan bahaya. Berikut adalah cara memasang water heater gas sendiri yang benar dan aman.

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Anda akan membutuhkan beberapa alat dan bahan berikut ini untuk memasang water heater gas di kamar mandi Anda:

  • Water heater gas beserta aksesorisnya, seperti baterai, nepel gas, selang gas, regulator low pressure, klem gas, dan fisher.
  • Kunci inggris
  • Seal tape
  • Obeng kembang (+) dan obeng slotted (-)
  • Bor tembok dengan mata bor 6 mm
  • Keran shower atau keran cabang (sesuaikan dengan kebutuhan kamar mandi Anda)
  • Hand shower
  • Selang shower berukuran 1,5 meter

Pasang baterai pada unit boks water heater gas.

Baterai biasanya sudah disediakan di dalam paket pembelian water heater gas. Baterai berfungsi untuk menghidupkan sistem pembakaran gas pada water heater. Pastikan Anda memasang baterai sesuai dengan polaritasnya (+) dan (-).

Kencangkan nepel gas pada pipa gas inlet.

Nepel gas adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan selang gas dengan water heater. Pipa gas inlet adalah pipa yang terletak di bagian bawah unit water heater yang berfungsi sebagai tempat masuknya gas ke dalam sistem pembakaran. Gunakan kunci inggris untuk mengencangkan nepel gas agar tidak mudah lepas atau bocor.

Tentukan sumber air yang akan digunakan untuk mengalirkan air ke water heater gas.

Anda bisa menggunakan sumber air dari pipa air bersih yang sudah ada di kamar mandi Anda, atau Anda bisa membuat pipa air baru khusus untuk water heater gas. Jika Anda menggunakan pipa air yang sudah ada, pastikan Anda memasang keran cabang pada pipa tersebut agar Anda bisa mengatur aliran air ke water heater gas atau ke keran lainnya.

Pasang fisher dan baut pada dinding tempat Anda ingin meletakkan water heater gas.

Fisher adalah alat yang digunakan untuk menempelkan baut pada dinding tembok agar lebih kuat dan tidak mudah copot. Baut adalah alat yang digunakan untuk menggantungkan water heater gas pada dinding tembok. Gunakan bor tembok untuk membuat lubang seukuran fisher pada dinding tembok sesuai dengan posisi lubang gantungan pada unit water heater gas. Masukkan fisher ke dalam lubang tersebut, kemudian pasangkan baut pada fisher.

Gantungkan water heater gas pada baut yang sudah Terpasang pada dinding tembok.

Pastikan water heater gas tergantung dengan kuat dan stabil pada dinding tembok.

Hubungkan selang shower dengan pipa air outlet pada unit water heater gas.

Pipa air outlet adalah pipa yang terletak di bagian atas unit water heater yang berfungsi sebagai tempat keluarnya air panas dari sistem pemanasan. Gunakan seal tape untuk melapisi ulir pipa agar tidak mudah bocor.

Pasang hand shower pada ujung selang shower yang lainnya.

Hand shower adalah alat untuk menyemprotkan air panas ke tubuh Anda saat mandi.

Hubungkan selang gas dengan nepel gas yang sudah terpasang pada pipa gas inlet.

Selang gas adalah alat untuk menghubungkan tabung gas dengan water heater. Gunakan klem gas untuk mengikat ujung selang gas agar tidak mudah lepas atau bocor.

Hubungkan regulator low pressure dengan tabung gas, untuk menyuplai gas ke water heater.

Regulator low pressure adalah alat yang digunakan untuk mengatur tekanan dan aliran gas dari tabung ke water heater agar sesuai dengan kapasitasnya.

Nyalakan tabung gas dan water heater

Kemudian Nyalakan tabung gas dan buka keran cabang sumber air yang sudah terpasang sebelumnya. Nyalakan water heater gas dengan menekan tombol on/off yang terletak di bagian depan unit. Anda juga bisa mengatur suhu air panas yang diinginkan dengan memutar tombol pengatur suhu yang terletak di sebelah tombol on/off.

Cek apakah water heater gas sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

Anda bisa mencoba menyemprotkan air panas dari hand shower ke wastafel atau ember untuk melihat apakah airnya sudah panas atau belum. Jika airnya sudah panas, berarti water heater gas sudah siap menggunakannya untuk mandi. Jika airnya masih dingin atau tidak keluar sama sekali, berarti ada masalah pada proses pemasangan atau sistem water heater gas. Anda harus segera mematikan water heater gas dan mengecek kembali semua komponen yang sudah terpasang. Jika Anda tidak bisa menemukan penyebab masalahnya, sebaiknya Anda menghubungi teknisi yang ahli dalam bidang water heater gas.

Cara Agar Tidak Menimbulkan Masalah atau Bahaya

Namun, sebelum memasang water heater gas, harap perhatikan beberapa hal berikut ini agar pemasangan tidak menimbulkan masalah atau bahaya.

  1. Sebelum memasang water heater gas, Anda harus memastikan bahwa tekanan air di rumah Anda cukup untuk mengalirkan air ke unit water heater. Jika tekanan air kurang dari 0,2 bar, Anda harus memasang pompa booster untuk meningkatkan tekanan air.
  2. Anda juga harus memastikan bahwa tabung gas yang Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi water heater gas yang Anda beli. Jika tidak sesuai, Anda harus mengganti tabung gas dengan yang sesuai atau menggunakan adaptor.
  3. Saat memasang water heater gas, Anda harus memperhatikan arah angin dan ventilasi udara di tempat pemasangan. Jangan letakkan water heater gas di tempat yang terkena angin langsung atau di tempat yang tertutup rapat. Hal ini untuk menghindari risiko kebakaran atau keracunan gas.
  4. Setelah memasang water heater gas, Anda harus melakukan tes kebocoran gas dengan menggunakan sabun cair atau busa sabun. Oleskan sabun atau busa pada sambungan-sambungan selang gas dan perhatikan apakah ada gelembung udara yang muncul. Jika ada gelembung udara, berarti ada kebocoran gas dan Anda harus memperbaiki sambungan-sambungan tersebut.

Anda juga harus melakukan tes fungsi water heater gas dengan menyalakan unitnya dan mengatur suhu air panas yang diinginkan. Perhatikan apakah api pembakaran gas menyala dengan baik dan apakah air panas keluar dengan lancar. Jika ada masalah, Anda harus segera mematikan unitnya dan mengecek kembali komponen-komponen water heater gas.