BeritaWisata

Mengenal Pulau Moyo, Surga Tersembunyi di NTB yang Menjadi Favorit Para Selebriti Dunia

78
×

Mengenal Pulau Moyo, Surga Tersembunyi di NTB yang Menjadi Favorit Para Selebriti Dunia

Sebarkan artikel ini
Eksotisme air terjun Mata Jitu di Pulau Moyo. (Foto Diskominfotik NTB)
Eksotisme air terjun Mata Jitu di Pulau Moyo. (Foto Diskominfotik NTB)

Zaman.id – Apakah Anda sedang mencari destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa? Jika ya, maka Anda harus mengunjungi Pulau Moyo. Pulau ini terletak di utara Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB..

Pulau Moyo merupakan kawasan konservasi yang memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang langka dan unik. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di pulau ini sambil menikmati keindahan alam yang mempesona.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Pulau Moyo:

Menikmati pantai berpasir putih dan perairan yang jernih

Pulau Moyo memiliki beberapa pantai yang indah dan sepi, seperti Pantai Tanjung Pasir dan Pantai Tekat Sagele. Anda bisa berjemur, berenang, atau bersantai di pantai ini sambil menikmati pemandangan laut yang memukau.

Anda juga bisa melakukan snorkeling atau diving untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan warna-warni yang hidup di perairan Pulau Moyo. “Saya suka sekali snorkeling di sini. Airnya sangat jernih dan terumbu karangnya sangat indah.

Mengunjungi air terjun yang eksotis

Pulau Moyo memiliki beberapa air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Di antaranya, Air Terjun Mata Jitu, Air Terjun Sengalo, dan Air Terjun Diwu Mbai. Air terjun ini memiliki keunikan masing-masing, mulai dari bentuk, tinggi, hingga warna airnya.

Anda bisa mandi di kolam air terjun atau sekadar menikmati suara gemericik air yang menenangkan.

Menjelajahi hutan tropis yang kaya akan biodiversitas

Pulau Moyo memiliki hutan tropis yang menjadi habitat bagi berbagai jenis satwa liar. Di antaranya, rusa, babi hutan, biawak, kelelawar, kera pemakan kepiting, dan burung-burung cantik. Anda bisa melakukan trekking di hutan ini sambil mengamati kehidupan alam liar yang menarik.

Anda juga bisa berkemah di hutan ini untuk merasakan sensasi bermalam di alam bebas sambil mendengar suara binatang dan melihat bintang-bintang di langit.

Menginap di resort mewah yang menyediakan fasilitas lengkap

Pulau Moyo juga memiliki resort mewah yang menjadi tempat favorit para selebriti dunia, seperti Putri Diana, Mick Jagger, David Bowie, dan Edwin van der Sar.

Resort itu menyediakan fasilitas lengkap, seperti kamar-kamar ber-AC, restoran, spa, kolam renang, dan helipad.

Anda bisa merasakan pengalaman menginap di resort ini dengan harga yang cukup mahal, namun sepadan dengan pelayanan dan kenyamanan yang ditawarkan.

Cara Menuju ke Pulau Moyo

Untuk menuju ke Pulau Moyo, Anda harus terlebih dahulu sampai ke Kota Sumbawa Besar, yang bisa ditempuh dengan transportasi udara atau darat. Jika Anda menggunakan transportasi udara, Anda bisa memesan penerbangan menuju Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Kota Sumbawa Besar.

Jika Anda menggunakan transportasi darat, maka harus menyeberangi laut. Anda bisa naik kapal fery dari Pelabuhan Kayangan di Kabupaten Lombok Timur. Waktu berlayar sekitar dua jam hingga tiba di Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat.

Dari Pelabuhan Poto Tano, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Sumbawa Besar. Waktu tempuh sekitar dua jam menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Kota Sumbawa Besar, Anda bisa memilih dua alternatif perahu untuk menyeberang ke Pulau Moyo. Alternatif pertama adalah menggunakan perahu umum yang berangkat dari Muara Kali Pantai Jempol. Tarifnya sekitar Rp50 ribu per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp75 ribu.

Perahu umum ini berangkat setiap hari, namun jadwalnya tidak pasti dan sering molor. Perjalanan dengan perahu umum ini membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke Desa Labuan Aji di Pulau Moyo.

Alternatif kedua adalah menggunakan perahu carteran yang bisa ditemui di Pantai Jembatan Polak. Tarifnya sekitar Rp1,5 juta hingga Rp3 juta untuk pulang-pergi.

Perahu carteran ini memiliki jadwal yang fleksibel sesuai dengan keinginan Anda dan bisa mampir di beberapa spot wisata di sepanjang perjalanan. Perjalanan dengan perahu carteran ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Itu lah gambaran Pulau Moyo yang menjadi surga liburan bagi para selebritis dunia. Tertarik berkunjung, ayo jadwalkan perjalanan wisatamu! (dn)