Berita Kriminal

Penangkapan Dua Remaja Terduga Pelaku Pencurian HP di Sumbawa

12
×

Penangkapan Dua Remaja Terduga Pelaku Pencurian HP di Sumbawa

Sebarkan artikel ini
Pencurian HP
Dua tersangka pencurian HP diamankan di Polres Sumbawa, Provinsi NTB.. (Polres Sumbawa)

Zaman.id – Tim Puma Satuan Reskrim Polres Sumbawa berhasil mengamankan dua remaja yang diduga sebagai pelaku pencurian HP di Sumbawa. Mereka adalah AL alias Pieng (30) yang tinggal di Jalan Cendrawasih GG V Rt 002 Rw 006, Kelurahan Brang Biji Sumbawa, dan ATS alias Anjes (23) yang tinggal di Jalan Cendrawasih GG III Rt 001 Rw 006, Kelurahan Brang Biji Sumbawa. Penangkapan ini dilakukan pada Kamis (11/1 /2024), sekitar pukul 14.00 Wita.

Kasus pencurian tersebut terjadi pada hari Kamis, 14 Desember 2023, sekitar pukul 03.30 Wita, di Kos Gang Sirih milik Hafsah di Kelurahan Lempeh. Korban pencurian ini adalah Efan Bastian (27), seorang penghuni kos yang berasal dari Desa Kalabeso, Kecamatan Buer, Sumbawa. Kapolres Sumbawa, AKBP Heru Muslimin S.IK M.IP, yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, Iptu Regi Halili S.Tr.K S.IK, membenarkan penangkapan kedua remaja ini.

Menurut Kasat Reskrim, pada saat kejadian sekitar pukul 22.00 WITA, korban sedang tidur di dalam kos dan handphone-nya diletakkan di atas kasur tempat tidur. Pintu kos tersebut tidak dikunci dan tidak tertutup rapat. Sekitar pukul 04.00 WITA, korban terbangun dan melihat bahwa handphone beserta charger-nya sudah tidak ada. “Korban mengalami kerugian sebesar Rp1.749.000 dan melaporkan kejadian ini ke Polres Sumbawa,” ungkap Iptu Regi.

Setelah melakukan penyelidikan, Tim Puma mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku. Tim Puma kemudian bergerak menuju Jalan Cendrawasih GG III Rt 001 Rw 006, Kelurahan Brang Biji, dan berhasil mengamankan terduga pelaku ATS alias Anjes beserta barang bukti berupa satu unit handphone merek Xiaomi 9C warna biru dengan nomor IMEI 1: 863235051568705 dan IMEI 2: 863235051568713 yang berada di tangan terduga pelaku.

“Saat diinterogasi, terduga pelaku Anjes mengakui bahwa dia melakukan pencurian HP tersebut bersama dengan temannya, terduga pelaku Pieng,” ungkap Kasat Reskrim. Selanjutnya, Tim Puma mendatangi rumah terduga pelaku Pieng dan berhasil menangkapnya. Saat diinterogasi singkat, Pieng mengakui bahwa dia juga terlibat dalam pencurian HP di kos-kosan tersebut.

Kedua terduga pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Mako Polres Sumbawa dan diserahkan kepada penyidik untuk proses lebih lanjut. Kasus ini akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Penangkapan ini menunjukkan komitmen dan kerja keras dari Tim Puma Satuan Reskrim Polres Sumbawa dalam memberantas tindak kejahatan di wilayah Sumbawa. Polres Sumbawa berharap bahwa penangkapan ini dapat memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan lainnya dan memberikan rasa aman kepada masyarakat Sumbawa.

Dalam kesempatan ini, Polres Sumbawa juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga keamanan rumah dan barang berharga, terutama handphone. Pastikan pintu dan jendela rumah terkunci dengan baik saat meninggalkan rumah, serta hindari meninggalkan barang berharga di tempat yang terlihat oleh orang lain. Jika terjadi kejadian pencurian, segera laporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

Dengan kerjasama antara masyarakat dan kepolisian, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari tindak kejahatan. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sumbawa. (dn)