Ramadhan 1443 H, Ditsamapta Polda NTB Tingkatkan Patroli

MATARAM – Menjamin bulan ramadhan 1443 H berjalan kondusif Direktorat Samapta Polda NTB melakukan Patroli memastikan Harkamtibmas saat Bulan Suci Ramdhan 1443 H berjalan kondusif.

“bulan ramadhan identik dengan masyarakat yang membunyikan petasan, namun belakangan ini masyarakat melakukan kegiatan kegiatan yang cukup berpotensi menjadi gangguang kamtibmas,” jelas Direktur Samapta Polda NTB Kombes Pol Frido Situmorang, saat dikonfirmasi, Kamis (6/4/2022).

Dalam rangka meniadakan gangguan kamtibmas dan kriminal lainnya selama bulan ramadhan tahun ini, personil ditsamapta polda ntb melakukan patroli harkamtibmas di kota mataram sesuai surat perintah direktur Samapt Polda NTB NO: SPRIN/147/IV/PAM.3.3./2022 tanggal 5 APRIL 2022.

“patroli harkamtibmas ini tidak mengesampingkan kegiatan rutin yang ada” imbuhnya.

Dijelaskan, Patroli harkamtibmas merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan, hal ini mengacu pada peraturan kapolri nomor 1 tahun 2019 tentang sistem, manajemen dan standar keberhasilan operasional polri.

Untuk itu, seluruh kegiatan tetap berjalan, dengan menerapkan pola waktu menyesuaikan perkembangan situasi dan peningkatan aktifitas masyarakat selama bulan ramadhan.

Seperti halnya saat menjelang buka puasa masyarakat banyak beraktifitas diluar rumah untuk mencari kebutuhan berbuka.

Demikian juga pasca sholat tarawih banyak masyarakat yang mengunjungi pertokoan untuk mencari kebutuhan idul fitri maupun menjelang sahur.

“penerapan pola waktu ini diimbangi dengan manajemen personil dan kebutuhan perlengkapan sehingga bagi persoinil yang melaksanakan ibadah puasa tetap dapat menjalankan ibadahnya,” terang Frido.

Kegiatan yang dilakukan anggota Ditsamapta dalam petroli ini antara lain, memberikan himbauan di jalan tertentu, guna mencegah gangguan kamtibmas maupun kriminalitas lainnya

Menyambangi beberapa perumahan dan berdialogis dengan satuan pengamanan terkait pengamanan di lingkngan perumahan.

Membubarkan masyarakat yang akan melaksanakan taruhan bola dilapangan dan ditindaklanjuti dengan komunikasi dengan tokoh setempat untuk dapat membantu tugas polri.

Memberikan teguran kepada masyarakat yang parkir sembarangan dibahu jalan lingkar selatan karena dapat memberikan kerawanan laka lantas.

Menghimbau remaja yang masih berkumpul di sekitar tembolak pelangi untuk membubarkan diri, dan melaksanakan sahur di rumah masing masing.

Membubarkan para remaja berung butun barat yang melaksanakan tawuran sarung dan selanjutnya berkoordinasi dengan pengurus lingkungan untuk tidak dilakukan kegiatan tersebut.

Dalam operasi kali ini, Ditsamapta mengamankan 4 orang pemuda yang sedang melakukan judi, selanjutnya menyerahkan keempat pemuda tersebut beserta barang bukti ke polsek setempat.

Kombes Pol Frido Situmorang, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi bulan ramadhan ini agar tetap terpelihara kondusif.

“laksanakan ibadah puasa dengan mengisi waktu luang dengan ibadah sehingga dapat mendapat meningkatkan pahala pelaksanaan ibadahnya,” tutup Frido.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.