Kegiatan Unit Samapta Polres Lobar, Melakukan Berbagai Langkah Preventif

Kegiatan Unit Samapta Polres Lobar

Lombok Barat, NTB – Sebagai Pembina Fungsi Samapta di Lingkungan Polres Lombok Barat, Sat Samapta Polres Lombok barat memantau Kegiatan Unit Samapta di jajarannya.

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, Polda NTB, AKP Bambang Indrat, S.Sos, membeberkan rangkaian kegiatan jajaran sat Samapta. Hingga di Polsek-polsek yang ada di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, Sabtu (16/4/2022)

Unit Samapta Polsek KP3 Lembar.

Melaksanakan kegiatan pengamanan pembelian tiket Dan monitoring Pelaksanaan Penerapan aplikasi Peduli Lindungi. “Serta Pemberlakuan SE Satgas Covid-19 No 16 Tahun 2022, tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri. Pada masa Pandemi di  Pelabuhan PT ASDP Lembar,” ungkapnya

Melaksanakan pengamanan pembelian tiket di toll gate pelabuhan PT. ASDP Lembar, untuk mengantisipasi adanya premanisme dan calo.

“Sekaligus pengamanan Scan Bardcode aplikasi Peduli Lindungi, Pemeriksaan Surat -Surat Kendaraan (SIM dan STNK). Untuk memberi rasa aman kepada pengguna jasa kapal yang hendak membeli tiket,” imbuhnya.

Kemudian melakukan Pengecekan Surat Keterangan Rapid Tes antigen dan sertifikat vaksin minimal tahap I/dosis pertama bagi penumpang perorangan. Serta memberikan himbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna  mencegah penularan Covid-19.

Lalu melaksanakan kegiatan imbangan Penegakkan Yustisi Covid-19 dalam rangka penertiban penggunaan Masker di Area  Pelabuhan PT ASDP Lembar.

“Selama kegiatan berlangsung terdapat  17 (tujuh belas) Orang pelanggar yang tidak memakai masker. Sanksinya, memberikan teguran secara lisan terhadap 10 orang, dan teguran tertulis sebanyak 7 orang,” imbuhnya.

Saat bongkaran Kapal, melakukan pemeriksaan dan pengaman utuk penumpang atau pengguna jasa yang turun. Monitoring Kerumunan Masyarakat yang melaksanakan giat Ngabuburit juga tidak luput dari perhatian, dalam Rangka Bulan Suci Ramadhan. Sekaligus memberikan himbauan Kamtibmas, Himbauan Protokol Kesehatan Kepada Warga Masyarakat.

Melaksanakan giat Pengaturan Lalu Lintas antara lain, Mengurai Kemacetan, Membantu menyeberangkan warga masyarakat yang melintas.

“Untuyk Memastikan situasi kamtibmas sekitar jalan umum tersebut tetap aman dan kondusif, tidak lupa juga memberikan himbauan Protokol Kesehatan. Agar bersama-sama memerangi dan memutus rantai penyebaran Virus Covid 19 dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru,” imbuhnya.

 

Unit Samapta Polsek Kuripan

Mengawali kegiatan melalui Operasi Non Yustisi imbangan penegakan Perda Nomor 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular. Bertempat di depan Polsek Kuripan Kec. Kuripan kab.lombok barat

 

“Dalam kegiatan oprasi yustisi imbangan tersebut personil yang terlibat memberikan Teguran lisan terhadap empat orang pelanggar. Baik pengguna kendaraan bermotor Roda Dua dan Roda Empat maupun pejalan kaki,” katanya.

Pelanggaran tidak menggunakan masker dan yang tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan. Kemudian melaksanakan patroli di perumahan warga BTN dusum monto, Jalur Bil 1, dan menyambangi SPBU kuripan utara.

Unit Samapta Polsek Kuripan kemudian melaksanakan kegiatan pemantauan wilayah menjelang berbuka puasa ngabuburit. Dalam memasuki bulan suci ramadhan 1443 H di Wilayah Hukum Polsek Kuripan Kecamatan Kuripan Lombok Barat.

Adapun titik lokasi kegiatan dan sasaran Jalur Bay Pass Bil 1 Dusun Sedayu, Komplek Pertokoan Dusun Pedek Anyar Kuripan Utara dan Pertigaan Dusun Pedek Anyar Desa Kuripan Utara.

 

Unit Samapta Polsek Labuapi

Anggota unit Samapta Polsek Labuapi melaksanakan kegiatan Patroli dan Pengecekan bahan pokok selama puasa. Bertempat di Pasar Jerneng Desa Bagik Polak dan komplek pertokoan di Kecamatan  Labuapi, Lombok Barat.

Melaksanakan patroli sekaligus pengecekan kesediaan bahan pokok selama bulan suci Ramadhan. Dalam kegiatan tersebut personil mengecek stok minyak, beras dan kebutuhan pokok lainnya di pasar-pasar tradisional dan komplek-komplek pertokoan.

Yang mana stok minyak, beras dan bahan pokok lainnya masih tersedia baik dipasar maupun di supermarket dengan harga yg masih normal. Kemudian Personil memberikan himbauan secara humanis kepara para pedagang atu pembeli untuk selalu menerapkan Prokes Covid 19.

Melaksanakan kegiatan pengamanan dan monotoring giat Vaksinasi di seputaran wilkum Polsek Labuapi terhadap masyarakat yang bertempat di Posramil Labuapi. Dalam pelaksanaan giat tersebut  personel Polsek Labuapi menghimbau  agar masyarakat yang melaksanakan giat Vaksin tetap menerapkan protokol kesehatan.

Unit Samapta Polsek Labuapi melaksanakan kegiatan patroli siang dan pengecekan/kontrol langsung ketersediaan Solar dan premium di SPBU Bengkel. Tepatnya di Desa Bengkel Kecamatan Labuapi Kabupaten Lobar dan sekitarnya. Hasilnya, ketersediaan Solar di SPBU tersebut masih aman, dan pembeli dibatasi 100 liter solar per KendaraanTruk Fuso.

Melaksanakan kegiatan Patroli dan Pengamanan Masyarakat yang melaksanakan Ngabuburit di Sepanjang Jl. Raya Gunung Pengsong Desa Telagawaru tempat Para pelaku usaha/pedagang penyedia makanan untuk berbuka puasa di kec. Labuapi, Kec. Labuapi, Kab. Lombok Barat.

 

Melaksanakan patroli sekaligus pengamanan kegiatan Ngabuburit, dalam kegiatan tersebut personil memberikan himbauan kamtibmas secara humanis kepada masyarakat yang melaksanakan ngabuburit dan para pedagang/pembeli untuk selalu menerapkan Prokes Covid 19.

 

Unit Samapta Polsek Gerung

Unit Samapta Polsek Gerung melaksanakan kegiatan Pemantauan dilanjutkan Pengamanan kegiatan Vaksinasi Presisi merdeka. Bagi masyarakat Dosis I, dosis II dan Dosis III (Boster) bertempat di kantor Desa Giri tembesi, kec.Gerung, kab.lombok barat.

Kemudian Melaksanakan kegiatan Pemantauan dilanjutkan Pengamanan Penyaluran Bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD). Sekaligus kegiatan Vaksinasi Presisi merdeka Bagi masyarakat Dosis I, dosis II dan Dosis III (Boster) bertempat di kantor Desa Banyu’urip, Gerung.

 

Unit Samapta Polsek Kediri

Melaksanakan giat Patroli Dialogis (Patroli berdialog dan tatap muka dengan warga) serta menghimbau warga agar melaksanakan Vaksin di gerai-gerai Vaksinasi Presisi. Kegiatan Patroli Berdialogis bertempat di Ds. Kediri, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

Kemudian Patroli dialogis di Desa Kediri induk, Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat.

 

Unit Samapta Polsek Batulayar

Unit Samapta Polsek Batulayar melaksanakan giat patroli rutin di puskesmas meninting sekaligus monitor pelaksanaan giat vaksinasi. Kemudian memantau kegiatan masyarakat di Kantor pos senggigi, pengaman pembagian dana Bpnt dan BLT minyak goreng.

Lalu melaksanakan giat Pengaturan arus lalu lintas menjelang berbuka puasa/Ngabuburit di S4 Montong  desa Meninting Kecamatan Batu Layar Lobar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *