Gelar Apel Siaga, PLN Siap Listriki World SuperBike 2022

Lombok Tengah, NTB/zaman – Dua hari lagi, event internasional World Superbike (WSBK) 2022 akan segera dihelat di sirkuit Mandalika. Segala persiapan dari seluruh pihak terkait telah dilaksanakan, salah satunya PLN yang akan menyuplai listrik di hampir seluruh venue di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Persiapan infrastruktur dan peralatan telah mulai dilaksanakan sejak akhir bulan Oktober 2022. Beberapa simulasi yang melibatkan pihak PT ITDC dan juga MGPA juga telah dilaksanakan untuk memastikan keamanan suplai listrik selama gelaran berlangsung.

Skema Zero Down Time, sistem suplai listrik berlapis, untuk layanan kelistrikan yang andal, bermutu dan berkualitas akan kembali dihadirkan dalam World Superbike 2022. Saat ini, persiapan kelistrikan telah selesai 100 persen di seluruh venue yang disuplai listriknya dari PLN.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto dalam Apel Siaga dan Doa Bersama World Superbike mengungkapkan gelaran World Super Bike yang akan digelar 11-13 November mendatang di Sirkuit Mandalika adalah salah satu event internasional yang menjadi kebangggaan kita, yang harus didukung pasokan kelistrikannya oleh PLN. Terlebih Mandalika merupakan salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang ditetapkan oleh pemerintah.

”Yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan World Superbike adalah suplai kelistrikan, tidak hanya di lokasi utama namun di lokasi penunjang. Koordinasi yang baik dengan stakeholder akan sangat diperlukan untuk memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk mengatasi apabila ada kendala yang muncul”, tutur Adi.

Ini adalah kali kedua gelaran World Superbike digelar di Sirkuit Mandalika. Sebelumnya, PLN sukses menghadirkan skema Zero Down Time pada gelaran yang sama di bulan November tahun 2021 lalu.

Terdapat penambahan tiga titik venue yang akan disuplai listriknya dari PLN dalam event World Superbike kali ini, yakni main festival, bazaar UMKM dan Lombok Sumbawa festival. Selain di tiga lokasi tambahan tersebut, PLN tetap akan melistriki beberapa venue antara lain : paddock, main pit building, race control, medical control, observation deck, TV Compound, VIP village dan bright store seperti tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Adi kembali mengingatkan kepada seluruh petugas untuk terus melakukan pemeriksaan di lapangan, terkait dengan kesiapan sisi pembangkitan, transmisi dan distribusi, serta kesiapan personel pengamanan kelistrikan dan sarana dan prasarana kerja petugas.

Tak lupa Adi juga berpesan khusus kepada seluruh tim yang bekerja untuk terus mengedepankan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam setiap pelaksanaan tugasnya.

”Terima kasih dan apresisasi kepada seluruh tim yang telah memberikan dukungan untuk Wolrd Superbike 2022. Mari kita jaga keandalan dan memberikan layanan yang terbaik. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran bagi kita”, harap Adi.

Apel siaga juga diisi dengan gelaran Doa Bersama yang dipimpin oleh Ustaz Lalu Husni dan pemberian santunan kepada tiga puluh anak yatim yang berada di sekitar Kuta, Lombok Tengah.

Pada gelaran World Superbike tahun ini, PLN kembali menyiapkan 384 petugas yang akan siaga di 16 titik lokasi. 13 unit trafo mobile, 15 unit mobile gen set, 17 unit Uninterruptible Power Supply juga akan disiagakan.

Untuk kesiapan di sisi pembangkitan, kondisi sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki daya mampu sebesar 323 MW dengan beban puncak 280 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 43 MW yang dapat dioptimalkan. Besar kebutuhan daya listrik untuk sirkuit Mandalika sendiri saat ini adalah sebesar 5,19 MVA yang disuplai dari dua Gardu Induk (GI), yakni GI Kuta dan GI Sengkol. (dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.