BeritaNasionalNews

Simak, Ini Tips Listrik Aman Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

71
×

Simak, Ini Tips Listrik Aman Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini

Lombokprime.com – Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah di depan mata. Mendekati penghujung tahun, masyarakat biasanya menghabiskan waktu ke kampung halaman atau berlibur ke tempat pariwisata.

PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat agar memastikan kelistrikan rumah dalam kondisi aman saat ditinggalkan. Dengan begitu, masyarakat bisa nyaman dan tenang saat berpergian.

“Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan sistem kelistrikan yang aman, masyarakat bisa tenang di kampung halaman ataupun saat di tempat wisata,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto.

Berikut ini tips aman meninggalkan rumah saat liburan:

1. Cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan dari colokan listrik.
Pastikan Anda mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan agar lebih aman dari kemungkinan korsleting.

2. Nyalakan lampu penerangan seperlunya.
Penting untuk menjaga penerangan di beberapa bagian seperti teras, bagian tengah dan sisi belakang rumah agar tetap terpantau situasinya, terutama bagi yamg memasang kamera pengawas (cctv).

3. Isi token/bayar tagihan listrik
Bagi masyarakat yang ingin pergi meninggalkan rumah, pastikan listrik dalam kondisi aman. Bagi pelanggan pra bayar, isi token listrik terlebih dahulu sebelum berpergian. Begitu juga bagi pelanggan pasca bayar, bayar dulu tagihan listrik sebelum meninggalkan rumah. Hal ini untuk menghindari listrik padam.

4. Titipkan tetangga atau melapor kepada RT setempat.
Jika ada tetangga yang tidak berpergian, sebaiknya minta tolong untuk mengawasi rumah. Atau Anda bisa melapor kepada Ketua RT setempat. Hal ini juga penting untuk memastikan keamanan rumah.

Bagi masyarakat yang ingin membutuhkan informasi lebih bisa mendownload PLN Mobile. Di aplikasi ini pelanggan PLN bisa menikmati berbagai layanan kelistrikan seperti token dan pembayaran, penyambungan baru, ubah daya dan migrasi, serta masih banyak lagi layanan kelistrikan lainnya.