NasionalSosial Budaya

Presiden Jokowi Terpukau dengan Penyanyi Putri Ariani di Gelar Batik Nusantara 2023

71
×

Presiden Jokowi Terpukau dengan Penyanyi Putri Ariani di Gelar Batik Nusantara 2023

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Buka GBN2023. Foto: BPMI Setpres
Presiden Jokowi Buka GBN2023. Foto: BPMI Setpres

Jakarta – Batik Indonesia bangkit di tengah pandemi Covid-19. Itulah pesan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat membuka Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN2023) di Jakarta, pada Selasa (2/8/2023).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa batik Indonesia memiliki keistimewaan karena keindahan dan juga makna filosofinya.

“Batik adalah wajah kita. Batik adalah kehormatan kita. Melalui batik tercipta lapangan kerja yang sangat banyak. Jutaan orang bekerja di industri batik kita dan memberikan penghasilan dan kehidupan,” ujar Presiden Jokowi.

Momentum Kebangkitan Batik Indonesia

Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa nilai ekspor batik sejak Januari – April 2023 mencapai USD 26,7 juta.

Ia optimistis nilai itu akan lebih tinggi pada akhir tahun karena pandemi kini telah selesai. “Saat ini kita memiliki momentum yang sangat baik untuk kembali batik bangkit. Karena juga perekonomian kita tumbuh baik, baik tahun lalu, kuartal pertama, kuartal kedua, dan kita harapkan tahun depan juga akan semakin lebih baik,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Yayasan Batik Indonesia (YBI) yang telah menyelenggarakan GBN2023 sebagai acara besar tahunan untuk melestarikan dan memajukan industri batik tanah air.

Presiden Jokowi berharap agar acara ini dapat menjadi ajang promosi dan edukasi tentang batik Indonesia yang memiliki nilai seni dan filosofi yang tinggi.

Setelah memberikan sambutan, Presiden Jokowi meninjau sejumlah booth UMKM Batik Indonesia yang berpartisipasi dalam GBN2023.

Presiden Jokowi mengagumi berbagai kreasi dan inovasi batik yang ditampilkan, mulai dari batik klasik hingga batik modern. Pada kesempatan itu pula, Presiden Jokowi juga mencicipi beberapa kuliner Nusantara yang tersaji dalam acara tersebut.

Penampilan Putri Ariani Menarik Perhatian

Salah satu penampilan yang menarik perhatian Presiden Jokowi adalah penyanyi Putri Ariani yang menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dengan iringan musik tradisional.

Putri Ariani menyanyikan lagu tersebut dengan suara merdu dan penuh penghayatan, sehingga membuat Presiden Jokowi dan para tamu undangan terpukau.

GBN2023 akan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 2-6 Agustus 2023 di SPARK Senayan Mall Jakarta. Sejumlah kegiatan menarik seperti talkshow seputar batik, kompetisi batik, hingga fashion show meramaikan acara tersebut.

Pada acara ini mengusung tema ‘Batik, Bangkit!’, sebagai bentuk semangat untuk memanfaatkan momentum kebangkitan perekonomian Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Acara GBN2023 terbuka untuk umum dan sehingga siapa saja boleh mengunjunginya yang ingin mengetahui lebih banyak tentang batik Indonesia.