BeritaOlahraga

Menang Lawan Turkmenistan, Timnas Indonesia Naik Rangking FIFA Jadi Urutan 147

60
×

Menang Lawan Turkmenistan, Timnas Indonesia Naik Rangking FIFA Jadi Urutan 147

Sebarkan artikel ini
Para pemain Timnas Indonesia bersiap melawan Turkmenistan.
Para pemain Timnas Indonesia bersiap melawan Turkmenistan.

Surabaya/Zaman – Timnas Indonesia meraih kemenangan meyakinkan atas Turkmenistan dengan skor 2-0 dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Jumat (8/9/2023) malam. Dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.

Indonesia tampil dominan sejak menit awal dan berhasil membuka keunggulan pada menit ke-19. Dendy Sulistyawan melepaskan tembakan parabol dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau oleh kiper Turkmenistan. Gol ini menjadi gol pertama Dendy untuk Timnas Indonesia.

Turkmenistan mencoba bangkit dan memberikan perlawanan sengit. Namun, lini belakang Timnas Indonesia yang dipimpin oleh Jordi Amat mampu mengatasi serangan-serangan lawan. Nadeo Argawinata juga tampil gemilang dengan melakukan beberapa penyelamatan penting.

Di babak kedua, skuad Garuda mengganti beberapa pemainnya, termasuk memasukkan Egy Maulana Vikri. Egy langsung memberikan kontribusi positif dengan mencetak gol kedua untuk Timnas Indonesia pada menit ke-90+

Pelatih Shin Tae-yong, mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya. Ia membeberkan bahwa ia menggunakan tiga formasi berbeda selama pertandingan, yaitu 4-4-2, 4-3-3, dan 4-2-3-1.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengapresiasi kerja keras anak asuhnya yang banyak tidak diperkuat pemain inti saat melawan Turkmenistan.

“Pertandingan ini sangat penting bagi kami untuk melihat kemampuan pemain-pemain kami. Kami menggunakan tiga formasi berbeda untuk melihat adaptasi pemain-pemain kami. Saya senang dengan hasilnya, kami bisa menang dengan skor 2-0,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Pertandingan ini merupakan bagian dari FIFA Matchday, yaitu jendela internasional yang disediakan FIFA untuk tim nasional bermain uji coba atau kualifikasi.

Pertandingan tersebut juga berpengaruh terhadap peringkat FIFA kedua tim. Timnas Indonesia diprediksi akan naik tiga peringkat menjadi urutan ke-147, sementara Turkmenistan akan turun dua peringkat menjadi urutan ke-140.

Sebelum menjamu lawannya, Timnas Indonesia berada di urutan ke-150 dalam daftar ranking FIFA dengan 1047,46 poin. Berkat kemenangan 2-0 posisinya naik tiga peringkat menjadi urutan ke-147 dengan 1052,87 poin.

Skuad Garuda bakal menggeser Botswana, Liberia, dan Hong Kong yang baru kalah dalam pertandingan mereka masing-masing. (Din)