BeritaOlahraga

Timnas Indonesia U-23 Selangkah Lagi menuju Piala Asia, Shin Tae-yong Siapkan Strategi Khusus Hadapi Turkmenistan

54
×

Timnas Indonesia U-23 Selangkah Lagi menuju Piala Asia, Shin Tae-yong Siapkan Strategi Khusus Hadapi Turkmenistan

Sebarkan artikel ini
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto PSSI)

Solo/Zaman – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tidak mau lengah dalam menghadapi Turkmenistan. Ia sudah mempersiapkan strategi khusus untuk mengalahkan tim yang dianggap sebagai lawan terberat di grup ini.

Pertandingan laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia U-23 melawan Turkmenistan akan digelar di Stadion Manahan, Solo, pada 12 September 2023.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengaku telah memantau langsung pertandingan antara Turkmenistan dan Taiwan. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Turkmenistan.

Pelatih asal Korea Selatan itu datang ke Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (6/9/2023) malam bersama para asisten pelatihnya. Ia terlihat serius mengamati permainan kedua tim dari tribune VVIP.

“Saya sudah menonton pertandingan mereka sebelumnya. Saya kira Turkmenistan adalah tim yang kuat dan berbahaya. Mereka punya pemain-pemain yang cepat dan kuat fisik. Kami harus siap menghadapi mereka dengan strategi yang tepat,” ujar Shin Tae-yong, kepada wartawan.

Shin Tae-yong juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap asnak asuhnya yang berhasil menghancurkan Taiwan. Kemenangan dengan skor telak 9-0 pada laga perdana Grup K adalah prestasi terbesar yang pernah diraih oleh Shin Tae-yong sepanjang kariernya.

Sebelumnya, rekor terbaiknya adalah kemenangan 8-0 saat melatih Korea Selatan U-23 melawan Laos pada tahun 2016.

“Kami bermain dengan sangat baik hari ini. Saya senang melihat pemain-pemain saya bermain dengan semangat dan disiplin. Ini adalah bukti bahwa sepak bola Indonesia semakin berkembang dan memiliki banyak pemain muda berbakat,” pelatih berusia 52 tahun itu.

Shin Tae-yong juga mengungkapkan rencananya untuk memasukkan beberapa pemain muda yang telah berpengalaman di Timnas Senior, seperti Rizky Ridho, Elkan Baggott, dan Witan Sulaeman.

Mereka akan ikut serta di skuad Garuda Muda saat menghadapi Turkmenistan pada laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-23.

Shin Tae-yong juga harus waspada dengan rencana pelatih Turkmenistan, Ahmet Agamyradov, yang akan meniru strategi Shin Tae-yong. Ahmet akan membawa tujuh pemain muda yang telah bermain di Timnas Senior. Mereka telah menunjukkan performa bagus saat mengalahkan China U-23 dengan skor 2-0 dalam laga ujicoba.

“Kami sudah tahu bahwa pelatih Turkmenistan akan meniru strategi kami. Kami harus siap dengan segala kemungkinan. Kami tidak boleh meremehkan lawan kami. Kami harus bermain dengan penuh konsentrasi dan kerja sama tim,” tegas Shin Tae-yong. (dn)