BeritaBisnis

BDRG Ajak Perempuan NTB Beradaptasi dengan Dunia Digital dalam Berwirausaha

64
×

BDRG Ajak Perempuan NTB Beradaptasi dengan Dunia Digital dalam Berwirausaha

Sebarkan artikel ini
.
.

Zaman.id – Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Nusa Tenggara Barat, Baiq Diyah Ratu Ganefi, mengajak perempuan NTB untuk meningkatkan daya saing di dunia usaha. Ia mengatakan, IWAPI berkomitmen untuk memperkuat pemberdayaan perempuan, terutama di sektor swasta.

“Perempuan NTB memiliki potensi besar dalam pembangunan. Namun, potensi itu belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, kami ingin mendorong perempuan NTB untuk lebih aktif dan kreatif dalam berwirausaha,” ujar perempuan yang akrab disapa BDRG itu.

BDRG, yang juga Caleg DPR RI Dapil NTB 2 Pulau Lombok Nomor Urut 2 dari Partai Perindo, menilai bahwa dunia usaha merupakan salah satu sektor yang vital dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.

Dengan berkembangnya dunia usaha, maka lapangan kerja akan terbuka lebar dan ekonomi rakyat akan semakin meningkat.

Untuk itu, BDRG mengatakan, IWAPI memiliki peran strategis dalam membina dan mengembangkan usaha perempuan.

IWAPI bertujuan untuk meningkatkan peran perempuan di sektor swasta, yang selama ini masih didominasi oleh laki-laki.

Salah satu upaya yang dilakukan IWAPI NTB adalah dengan menyelenggarakan program pelatihan bagi perempuan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan dalam mengelola usaha, khususnya di era digital.

“Kami sadar bahwa zaman sekarang sudah serba digital. Perempuan NTB harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi. Kami pun menyiapkan program untuk memperkuat sistem digitalisasi bagi usaha perempuan, mulai dari pemasaran, permodalan, hingga manajemen,” paparnya.

BDRG berharap, dengan adanya program ini, perempuan NTB bisa lebih mandiri dan berdaya saing dalam dunia usaha.

Ia juga berharap, usaha perempuan bisa menembus pasar nasional bahkan internasional, sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi pembangunan NTB.

IWAPI merupakan organisasi perempuan terbesar di Indonesia bahkan Asia. Organisasi tersebut memiliki tiga fokus program kerja, yaitu pengembangan sumber daya manusia, pemasaran, dan penambahan permodalan bagi usaha perempuan.

BDRG sendiri merupakan sosok perempuan yang berpengalaman di dunia politik dan organisasi. Ia pernah menjadi anggota DPD dua periode, dan kini mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Perindo. (dn)