BeritaBreaking NewsBudayaNewsPolitik

Tim Ekspedisi Sejarah akan fokus menelisik dan mengungkap Folklore / Cerita Rakyat yang terkesan terabaikan oleh hegemoni sejarah besar.

54
×

Tim Ekspedisi Sejarah akan fokus menelisik dan mengungkap Folklore / Cerita Rakyat yang terkesan terabaikan oleh hegemoni sejarah besar.

Sebarkan artikel ini

lombokprime.com – Tim Ekspedisi Sejarah Situs dan Kebudayaan yg dipelopori oleh PDIP NTB dan Mi6 dihajatkan untuk mengejahwantahkan ajaran Bung Karno terkait Jasmerah // Jangan Melupakan Sejarah // ditengah pesatnya kemajuan Budaya Modern dan Tehnologi 4.0. Hal ini agar ajaran para leluhur tetap eksis dalam menopang keberagaman akar budaya berbangsa dan negara.

Tim Ekspedisi Sejarah juga difokuskan untuk mengungkap dan menelisik sejarah masa lalu dalam scope yg terbatas agar cerita rakyat yang terserak bisa terangkai menjadi satu kesatuan Peristiwa Kebudayaan Besar masa lalu Suku Sasak khususnya yang saling berkaitan nasabnya.

“Ada indikasi kuat cerita rakyat dalam skala kecil tersebut terkesan terabaikan oleh hegemoni sejarah ‘BESAR’ yang terkesan kurang kuat referensi dalam menjelaskan hubungan hulu hilir,” ujar Direktur Lembaga Kajian Sosial Politik Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH melalui siaran pers kepada media , Kamis ( 16/6 ) .

Pria yang akrab disapa didu ini menambahkan inisiatif pembentukan tim ekspedisi sejarah ini sekaligus untuk memberikan edukasi dan pembelajaran guna mereaktualisasikan ajaran nenek moyang lewat penelusuran petilasan/ artefak maupun ragam manuskrip/ catatan kuno yg terserak diberbagai tempat.

“Tim Ekspedisi Sejarah menyakini pasti ada ‘rahasia besar’ yang tersembunyi / belum terungkap dibalik serangkaian penemuan situs atau petilasan diberbagai lokasi di NTB ,” ujar didu

Mantan Direktur Walhi NTB ini menambahkan dibalik berbagai kejadian sejarah yg terbungkus dalam mitos atau cerita rakyat yg populer ada pesan yang hendak disampaikan oleh para leluhur , meskipun terkadang mitos / folklore itu kerap tidak masuk akal secara logika karena tidak memiliki sandaran referensi yang kuat.

“Misalnya dalam konteks asal muasal desa besari yang hilang. Ada berbagai versi yang menjadi latar belakang terkait keturunan dan peran kedatuan besari dimasa lalu sebelum dianggap hilang,” ulasnya.

Untuk itu guna memastikan keterkaitan kisah sejarah antar satu wilayah / kedatuan dengan yang lain , lanjut didu perlu keterlibatan pemerintah dan arkeolog dalam mengungkapkan lebih jauh hubungan sebab akibat dibalik penemuan berbagai artefak kebudayaan kuno tersebut.

“Dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki, Tim Ekspedisi Sejarah akan terus mengekplore berbagai kisah rakyat yang berkembang dalam lingkup terbatas agar mendapat perhatian dan atensi publik yang meluas agar menjadi perhatian serius stakeholder, ” tukasnya.

Agenda Ekspedisi Sejarah

Didu menginfokan untuk agenda berikutnya dalam waktu dekat, Tim Ekspedisi Sejarah akan Hunting menelisik eksistensi kedatuan benue yang diduga berada di dusun dasan lekong , desa selebung Lombok Tengah. Hal ini tercermin dari penemuan berbagai artefak dan manuskrip kuno yang di infokan oleh warga setempat kepada tim ekspedisi mistis.

“Menurut keterangan beberapa warga yang mendatangi Tim Ekspedisi, mereka menginginkan Tim untuk menelisik lebih jauh peninggalan situs petilasan yang diduga kuat dari kedatuan benue untuk diungkap ke publik,” katanya.

Lebih jauh didu menjelaskan Tim Ekspedisi juga akan menelusuri lebih jauh menginvestigasi secara faktual keberadaan masjid kuno yang diduga kuat peninggalan putera mahkota raja seran II dikawasan Rumbuk Seran , Lombok Timur.

“Nanti akan ada testimoni dari tokoh maupun keturunan rumpun Rumbuk Seran yang mengetahui kronologi ekspedisi Putera Mahkota Raja Seran. Ini untuk menjawab motivasi dan ada apa di desa Rumbuk saat itu sehingga Putera Mahkota harus menetap di Rumbuk Seran ? ,” pungkasnya.