BeritaDaerahNasional

Jalan Tol Baru yang Dipuji Presiden Jokowi Siap Potong Waktu Tempuh

104
×

Jalan Tol Baru yang Dipuji Presiden Jokowi Siap Potong Waktu Tempuh

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri PUPR meresmikan Tol Bengkulu-Taba.

Perisainews.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu pada Kamis, 20 Juli 2023. Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu yang memiliki total panjang 96 kilometer. Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas dan mobilitas antara kota-kota di Provinsi Bengkulu.

Turut mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Serta Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo saat meresmikan jalan tol tersebut. Presiden Jokowi juga menaiki mobil listrik untuk meninjau jalan tol sepanjang 17,6 kilometer tersebut1.

Memangkas Waktu Tempuh antara Kota Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang

Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh antara Kota Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang dari sekitar satu jam menjadi hanya 15 menit. Selain itu, jalan tol ini juga akan mengurangi kemacetan dan biaya logistik, serta meningkatkan perekonomian daerah.

“Jalan tol ini akan memudahkan akses masyarakat untuk menuju bandara, pelabuhan. Juga kawasan industri, kawasan pariwisata, dan kawasan pertanian,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi kinerja PT Hutama Karya yang berhasil menyelesaikan pembangunan jalan tol ini dalam waktu kurang dari dua tahun. Presiden Jokowi berharap, pembangunan jalan tol lainnya di Provinsi Bengkulu dapat segera terselesaikan sesuai target.

“Kita harapkan tahun depan bisa selesai semua. Ini akan menjadi jaringan jalan tol pertama di Provinsi Bengkulu,” kata Presiden Jokowi.

Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung memiliki enam seksi, yaitu Seksi I Taba Penanjung-Ketahun (3 km), Seksi II Ketahun-Kandang (4 km), Seksi III Kandang-Srikuncoro (3 km), Seksi IV Srikuncoro-Pematang Tiga (3 km). Kemudian Seksi V Pematang Tiga-Padang Serai (2 km), dan Seksi VI Padang Serai-Bengkulu (2,6 km). Jalan tol ini memiliki empat gerbang tol, yaitu Gerbang Tol Taba Penanjung, Gerbang Tol Srikuncoro, Gerbang Tol Pematang Tiga, dan Gerbang Tol Padang Serai.

Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung merupakan bagian dari Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu yang memiliki total panjang 96 kilometer. Tol ini terdiri dari tiga ruas, yaitu Ruas Lubuk Linggau-Curup (48 km), Ruas Curup-Kepahiang (30 km), dan Ruas Kepahiang-Bengkulu (18 km). Tol ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) Trans Sumatera yang menghubungkan Lampung hingga Aceh.