Wisata Alam

Doro Ncanga: Afrika Kecil di Pulau Sumbawa

49
×

Doro Ncanga: Afrika Kecil di Pulau Sumbawa

Sebarkan artikel ini
Doro Ncanga
Kompleks sanctuary Rusa di jalur pendakian Gunung Tambora di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, NTB. (btn tambora)

Zaman.id – Dikenal sebagai salah satu jalur utama pendakian Gunung Tambora yang megah, Doro Ncanga hadir sebagai penyambut yang indah dan mengagumkan.

Hamparan padang savana seluas mata memandang, kambing, sapi, kuda, rusa, dan kerbau terlihat akur berbagi rerumputan. Sekelompok monyet memamerkan kelihaiannya berayun dan melompat dari pohon ke pohon, deretan bukit kecil membuat alur menuju ke puncak Tambora. Bersiaplah untuk terbang ke dalam nuansa Afrika.

Padang Savana Doro Ncanga terletak di Kabupaten Dompu di pulau Sumbawa, Savana Doro Ncanga kerap dijuluki “Afrika Kecil di Sumbawa”. Selain menjadi jalur pendakian favorit para penakluk gunung, Doro Ncanga juga siap menjadi destinasi non-pendakian bagi yang tak sanggup mendaki.

Doro Ncanga memiliki luas sekitar 200 hektar dengan hamparan padang rumput yang luas dan asri. Pada musim kemarau, padang rumput ini akan berubah menjadi kuning keemasan, menambah keindahan alamnya.

Saat musim hujan, padang rumput ini akan menjadi hijau dan subur. Selain hamparan padang rumput, Doro Ncanga juga dihuni oleh berbagai macam satwa liar, seperti rusa, kerbau, monyet, dan burung. Satwa-satwa liar ini hidup dengan bebas dan harmonis di kawasan ini.

Doro Ncanga menawarkan berbagai macam aktivitas wisata yang menarik, baik bagi para pendaki maupun wisatawan non-pendakian.

Berikut adalah beberapa aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan di Doro Ncanga:

  • Pendakian Gunung Tambora: Doro Ncanga merupakan jalur pendakian utama menuju Gunung Tambora. Jalur pendakian ini memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi, mulai dari yang mudah hingga yang sulit.
  • Wisata alam: Anda dapat menikmati keindahan alam Doro Ncanga dengan berjalan-jalan atau berkuda. Anda juga dapat berkemah di kawasan ini untuk menikmati suasana alam yang lebih syahdu.
  • Safari foto: Doro Ncanga merupakan tempat yang ideal untuk berburu foto. Anda dapat mengabadikan keindahan alam, satwa liar, atau aktivitas para pendaki.

Tips Wisata ke Doro Ncanga

Berikut adalah beberapa tips wisata ke Doro Ncanga:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim kemarau (April-Oktober). Pada musim kemarau, cuaca di Doro Ncanga akan lebih cerah dan kering, sehingga Anda dapat menikmati keindahan alamnya dengan lebih nyaman.
  • Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berjalan-jalan. Jika Anda ingin melakukan pendakian, gunakan pakaian dan sepatu yang sesuai dengan medan pendakian.
  • Siapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Anda tidak akan menemukan warung atau restoran di kawasan Doro Ncanga.
  • Bawa perlengkapan yang diperlukan, seperti kamera, topi, dan tabir surya.

Doro Ncanga merupakan destinasi wisata yang menjanjikan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang memukau. Baik Anda seorang pendaki gunung atau wisatawan non-pendakian, Doro Ncanga akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. (*)