Pelestarian Satwa

Luntur Jawa, Burung Cantik di Gunung Gede Pangrango yang Terancam Punah

11
×

Luntur Jawa, Burung Cantik di Gunung Gede Pangrango yang Terancam Punah

Sebarkan artikel ini
Luntur Jawa
Burung Luntur Jawa. (FB)

Zaman.id – Luntur Jawa adalah salah satu jenis burung yang ada di kawasan konversvasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Namun, burung cantik tersebut terancam punah karena akibat perburuan dan habitatnya mengalami deforestrasi.

Dikutip dari Instagran @bbtn_gn_gedepangrango, Luntur jawa (Harpactes oreskios) merupakan salah satu burung endemik Pulau Jawa. Burung ini dapat dikenali dari tampilannya yang berwarna-warni.

Paruhnya berwarna merah cerah, dadanya berwarna kuning, perutnya berwarna oranye, kepala dan dadanya berwarna hijau zaitun, punggungnya berwarna biru-hijau mengkilap, dan kulit wajahnya berwarna ungu-hijau.

Luntur jawa merupakan burung pemakan buah-buahan, serangga, dan kadal. Burung ini hidup di hutan pegunungan tropis, dengan ketinggian antara 1.500 hingga 2.500 meter di atas permukaan laut.

Namun, sayangnya, luntur jawa merupakan salah satu burung yang terancam punah. Populasinya diperkirakan hanya sekitar 1.000 hingga 2.500 ekor. Ancaman utama bagi keberadaan luntur jawa adalah hilangnya habitat akibat deforestasi dan perburuan.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan luntur jawa sebagai satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar. Namun, upaya pelestarian luntur jawa masih perlu ditingkatkan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan luntur jawa adalah dengan menjaga kelestarian habitatnya. Masyarakat perlu didorong untuk tidak menebang pohon sembarangan dan menjaga kebersihan hutan.

Selain itu, perlu juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya pelestarian luntur jawa kepada masyarakat.

Dengan upaya bersama, kita dapat menjaga kelestarian luntur jawa, salah satu burung cantik yang merupakan kekayaan alam Indonesia. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu pelestarian luntur jawa:

  • Tidak menebang pohon sembarangan
  • Menjaga kebersihan hutan
  • Melakukan sosialisasi tentang pentingnya pelestarian luntur jawa kepada masyarakat
  • Dukung upaya konservasi luntur jawa yang dilakukan oleh pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat

Mari kita jaga kelestarian luntur jawa, bersama kita lestarikan satwa kita! (*)