Terkini

Pentingnya Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Ceknya dengan Mudah

72
×

Pentingnya Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Ceknya dengan Mudah

Sebarkan artikel ini
Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Perisainews.com – Nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah nomor identitas peserta program jaminan sosial tenaga kerja. Nomor ini berguna untuk mengakses informasi seputar hak dan kewajiban peserta, seperti saldo, tagihan, dan klaim manfaat. Namun, apa yang harus dilakukan jika nomor BPJS Ketenagakerjaan terlupa atau hilang?

Tidak usah panik, karena ada beberapa cara mudah dan cepat untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba :

Menghubungi HRD perusahaan

Cara ini cocok bagi peserta yang bekerja di suatu perusahaan dan terdaftar pada program BPJS Ketenagakerjaan. Peserta bisa menanyakan nomor BPJS Ketenagakerjaan ke HRD perusahaan. Selain itu, peserta juga bisa meminta pencetakan ulang kartu BPJSTKU yang berisi nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Mengakses website BPJS Ketenagakerjaan

Cara ini cocok bagi peserta yang sudah memiliki akun di website BPJS Ketenagakerjaan. Peserta bisa membuka situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kemudian, masuk menggunakan email dan password yang sudah terdaftar. Setelah itu, pilih cek kartu digital untuk melihat nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Mengunduh aplikasi BPJSTKU

Cara ini cocok bagi peserta yang sudah memiliki akun di aplikasi BPJSTKU. Aplikasi ini bisa didownload melalui Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi, masuk menggunakan email dan password yang sudah terdaftar. Kemudian, pilih cek kartu digital untuk melihat nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan

Cara ini cocok bagi peserta yang belum memiliki akun di website atau aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Peserta bisa menelepon call center pada jam kerja di nomor kontak 175. Peserta juga bisa mendapatkan informasi melalui e-mail BPJS Ketenagakerjaan, yakni care@bpjsketenagakerjaan.go.id.

Menggunakan NIK KTP

Cara ini cocok bagi peserta yang lupa atau hilang nomor BPJS Ketenagakerjaan dan tidak memiliki akun di website atau aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Peserta hanya perlu menyediakan NIK KTP yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian, membuka situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setelah itu, klik lupa password dan masukkan NIK KTP sebagai username. Selanjutnya, ikuti instruksi untuk membuat password baru dan masuk menggunakan NIK KTP dan password baru tersebut. Setelah masuk, klik cek kartu digital untuk melihat nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah beberapa cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah dan cepat. Dengan mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan, peserta bisa mengakses informasi seputar program jaminan sosial tenaga kerja secara online dan praktis.